CILEGON – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sosialisasi pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilihan umum Kepala Daerah (pilkada) di Aula Setda Kota Cilegon, Kamis (11/6/2015). Hadir dalam acara tersebut komisioner Bawaslu RI Endang Wihdatingtyas, Ketua Bawaslu Banten Pramono U Tantowy, Sekretaris Daerah (Sekda) Cilegon Abdul Hakim Lubis.

Dalam sambutannya, Sekda Cilegon Abdul Hakim Lubis mengatakan, Pemkot Cilegon sangat mendukung penguatan tugas dan peran Pengawas Pemilu (Panwaslu) di Kota Cilegon. ia menjamin anggaran untuk panwaslu aman. Menurutnya, Pemkot Cilegon sudah mengalokasikan anggaran untuk lembaga pengawas pemilu. “Jauh sebelum ramai-ramai bakal pemilihan Walikota, sudah tiga tahun lalu kita mengalokasikan anggaran untuk lembaga pengawas. Insya Allah saya pastikan Panwaslu Kota Cilegon tidak akan kekurangan anggaran,” ujar Abdul Hakim.

Sekda mengatakan, potensi konfik akibat pilkada tidak akan besar seiring dengan semakin dewasanya masyarkat dalam berpolitik dan didukung dengan masyarakatnya.

Komisioner Bawaslu Endang Wihdatingtyas meminta semua elemen masyarakat untuk proaktif dalam melakukan pengawasan terhadap pelanggaran pilkada. “Walaupun lembaga untuk pengawasan sudah ada, kami dari Bawaslu RI, meminta masyarakat untuk proaktif dalam menyikapi penyimpangan-penyimpangan yang mungkin terjadi,” katanya. (Rahmatullah)