MERAK – Kebakaran sekoci Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Caitlyn yang terjadi pada hari Senin (20/7/2015), menyebabkan sejumlah kru kapal mengalami luka bakar. Akibat kebakaran tersebut 3 kru dilarikan ke Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) Cilegon. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa.

Koordinator Basarnas (Badan SAR Nasional) PT. Angkutan Sungai, Darat dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Radmiadi mengatakan, kebakaran sekoci KMP Caitlyn menyebabkan kepanikan para kru kapal tersebut. “Benar kemarin pada pukul 13.00 WIB, terjadi kebakaran sekoci KMP Caitlyn. Akibat kejadian tersebut, tiga orang kru mengalami luka bakar dan langsung dilarikan ke RSKM, sedangkan enam orang kru selamat,” kata Radmiadi di ruang kerjanya, Selasa (21/7/2015).

Radmiadi menuturkan, saat kejadian tersebut berlangsung, para kru barhamburan loncat ke laut untuk menyelamatkan diri masing-masing. “Kronologisnya, sekoci sandar di sebelah kantor SAR untuk membeli air galon dan sejumlah makanan lainnya, ketika sekoci bergerak kembali ke kapal besar, saat melewati boy merah dermaga 6 mesin mati, saat mesin kembali distart ternyata mesin meledak. Kami bersama tim langsung memberikan pertolongan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Radmiadi menjelaskan, kru yang dilarikan ke RSKM mereka yang mengalami luka bakar parah. “Kru yang dibawa ke RSKM yaitu, Hudan Syahrir Ramdani (Oiler), Romih (Klasi) dan Andi Baso Burhanudin (Wiper). Sementara kru yang lain termasuk juru mudi hanya mengalami sok berat,” ungkapnya.

“Semua barang-barang mereka termasuk handphone dan dompet mereka tercebur ke laut dan tidak ada yang bisa diselamatkan,” sambungnya.

Radmiadi menambahkan, kejadian tersebut selanjutnya ditangani oleh syahbandar. “Informasinya PT. Munic Line sebagai penanggung jawab KMP Caitlyn akan dipanggil oleh pihak syahbandar,” pungkasnya. (Rahmatullah)

BAGIKAN