TAK sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah.

Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya.

Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena itu dianjurkan bagi orang dewasa untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda bisa tertidur lebih cepat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, salah satunya adalah dengan seks.

“Seks adalah obat penenang tertua di dunia. Semakin sering Anda melakukan seks, maka semakin mudah Anda untuk tidur,” kata editor of My Menopause Magazine dan professor at University of Massachusetts Medical School, Mache Seibel, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Kamis (5/3).

“Selama melakukan aktivitas seksual, oksitosin dilepaskan melalui pelukkan, stimulasi seksual dan orgasme yang dapat meningkatkan perasaan tenang, aman dan turunnya kortisol, keduanya merupakan prasyarat untuk mengoptimalkan tidur. Selama orgasme, ada juga peningkatan pelepasan prolaktin yang mengakibatkan Anda mengantuk berat yang tentunya membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih efisien,” kata Seibel lebih lanjut.

Berikut beberapa tips lain agar Anda mudah tidur.

1. Mandi air hangat.

“Mandi air panas dapat merelaksasikan otot dan melebarkan pembuluh darah,” kata Seibel.

ambahkan aromaterapi lilin seperti lilac atau aroma favorit Anda yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

2. Hindari alkohol

Sementara sejumlah kecil alkohol dapat membantu Anda merasa lebih santai dan nyaman, Seibel mengatakan bahwa beberapa gelas alkohol dapat mengurangi respons seksual Anda.

3. Jika pelumas Anda kering, sebaiknya Anda menggunakan pelumas silikon atau pelembab.

4. “Otot dasar panggul yang kuat dapat meningkatkan gairah seksual dan pencapaian orgasme yang lebih baik,” kata Seibel. (fny/jpnn)