Ingin foto-foto narsis dengan latar belakang pemandangan yang alami dan indah di Kota Cilegon? Situ Rawa Arum tentu akan menjadi pilihan yang tepat. Di tengah padatnya aktivitas industri di Kota Cilegon, situ yang berada di Lingkungan Tegalwangi, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol itu saat ini terus dikunjungi oleh masyarakat, terutama remaja.

Seperti yang terpantau pada Kamis (6/8/2015) sore ini, sejumlah remaja tampak nyaman berbincang-bincang dan bercengkrama di lokasi situ seluas 12 hektar itu, seraya berfoto ria dengan latar belakangi pemandangan perbukitan.

“Sudah sering main kesini. Biasanya sih sore kesini, setelah pulang sekolah,” ujar Lia (16), salah seorang pengunjung. Dikatakannya, lokasi itu menjadi pilihan lantaran tidak menguras kocek yang dalam. Untuk masuk kawasan situ, kata dia, pengunjung tidak dipungut bayaran apapun, dan cukup dengan membayar Rp10 ribu untuk tarif sepeda air jenis bebek-bebekan untuk mengelilingi kawasan situ. “Situnya bersih, tidak ada sampah. Pokoknya nyaman lah,” katanya.

Sementara itu, Husein Saidan, tokoh pemuda setempat yang menjadi pengelola kawasan Situ Rawa Arum, mengatakan, kunjungan warga di lokasi itu terus mengalir setelah adanya penambahan sejumlah fasilitas.

“Kita tidak berorientasi pada keuntungan. Harga sewa bebek-bebekan itupun tidak kita patok, pengunjung bisa bayar seikhlasnya untuk warga di sekitar sini yang juga ikut memelihara Situ,” ujar Husein.

Di hari biasa, kata dia, pengunjung diperkirakan mencapai sekira 150 orang. Jumlah itu meningkat, pada saat akhir pekan. “Kalau hari Sabtu atau Minggu, pengunjung itu bisa mencapai 500 orang,” tandasnya. (Devi Krisna)