SERANG – Serapan dana bantuan partai di Kabupaten Serang diperkirakan bakal naik. Setiap tahunnya Pemkab Serang menganggarkan dana Rp1 miliar untuk bantuan parpol.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Serang Hamdani mengatakan, pada tahun 2014 serapannya yaitu Rp661 juta sedangkan tahun ini diperkirakan naik menjadi Rp988 juta. “Dari dana yang dianggarkan 1 miliar per tahun, serapannya bisa naik juga bisa turun, tergantung jumlah pemilih dan jumlah partai. Setiap daerah juga berbeda, tergantung jumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing daerah,” ujar Hamdani, Kamis (19/3/2015).

Bantuan dana partai diatur oleh Permendagri 24/2009. Penggunaannya untuk pendidikan politik dan operasional kegiatan partai. Adapun untuk tahun ini yaitu ada mekanisme yang berbeda dalam pengajuan pencairan dana tersebut, partai harus membuat surat pertanggung jawaban (SPJ), kemudian diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan BPK merekomendasikan ke Bagian Pemerintahan Umum apakah partai tersebut berhak mendapat bantuan lagi apa tidak.

“Adanpun pengawasannya, Bagian Pemerintahan Umum menyesuaikan antara program yang diajukan dan SPJ-nya sama atau tidak, karena Bagian Umum hanya mengurus administrasi sementara pencairan menjadi kewenangan Bagian Kesra,” katanya. (Rahmatullah)