SERANG – Pelantikan Ranta Suharta sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten memggantikan Kurdi Matin hari ini di Pendopo Gubernur Banten Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), mendapatkan pengawalan ketat dari Polda Banten.

Dari pantauan radarbanten.com, ratusan polisi berjaga ketat di depan gerbang Setda Provinsi Banten dan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten. Mereka dilengkapi dengan alat pengamanan lengkap, termasuk mobil water canon.

Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, untuk mengamankan pelantikan ini pihaknya menurunkan 100 personel dari satuan Sabhara. Menurutnya, pengamanan tersebut meruapakan hal biasa dan tidak berlebihan.

“Saya rasa menurunkan 100 dari ribuan personel yang ada merupakan hal biasa untuk menjaga keamanan pelantikan ini,” kata Boy saat ditemui setelah prosesi pelantikan.

Menurut Kapolda, pihaknya menerima laporan bahwa hari ini akan ada unjuk rasa oleh masyarakat di area KP3B. Untuk itu personel ini pun diturunkan sekaligus untuk mengawal aksi unjuk rasa tersebut.

“Aksi unjuk rasa kan dibolehkan oleh negara kita, sudah diatur oleh undang-undang. Untuk memberikan rasan aman kepada masyarakat, kita terjunkan ini,” katanya. (Bayu)