MERAK – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Utama Merak tengah mempersiapkan penerapan sistem tiket elektronik (e-ticket) untuk kendaraan dan penumpang kapal yang akan menggunakan jasa penyeberangan.

“Kalau dulu (e-ticket) sudah pernah dilaksanankan, saat ini hanya penyempurnaan saja, karena yang lama kan jalan di tempat. Sekarang, kita bertekad untuk memperbaiki kualitas layanan e-ticketing itu dengan cara membangun kembali sistemnya,” ujar General Manager PT ASDP Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga, di ruang kerjanya, Kamis (10/9/2015).

Ia menuturkan, banyak keuntungan yang didapat pihaknya dari pemberlakuan sistem yang bekerja secara otomatis ini. Mulai dari identifikasi dimensi kendaraan, hingga pendataan manifest penumpang kapal seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran. “Rencananya sistem itu akan dibangun secara bertahap di Merak dan Bakauheni dan baru akan dilakukan uji coba akhir bulan ini,” imbuhnya.

Bila sistem itu berjalan lancar, kata dia, secara otomatis akan menghapus sistem tiket manual di Pelabuhan yang masih berjalan hingga saat ini.

Sementara itu, Ketua DPC Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Merak, Togar Napitupulu yang dikonfirmasi terpisah mengapresiasi sistem tersebut. Namun menurutnya, untuk dimatangkan, hal itu perlu dibahas lebih lanjut. “Sistem itu bagus, cuma pembahasannya masih panjang. Karena bagi kami, sistem ini akan menjadi tantangan untuk terus berbenah, dan meningkatkan pelayanan,” katanya melalui sambungan telpon. (Devi Krisna)