SERANG – Sebanyak 30 pelajar tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) mengikuti lomba bercerita lokal daerah, yang diadakan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KPAD) Kabupaten Serang, di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang, Selasa (05/05/2015)

Kepala KPAD Kabupaten Serang Ratu Lailatul Ahadiyah menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan minat baca pada siswa. ” Jenis ceritanya yaitu legenda atau cerita rakyat yang ada di wilayah Kabupaten Serang. Adapun pesertanya terdiri dari SD 15 anak dan SMP 15 anak,” kata Laila

Para peserta adalah anak-anak yang menjadi juara pada lomba olimpiade sain nasional (OSN). “Jika mereka menjadi juara pada lomba kali ini, akan kita lombakan di tingkat Provinsi Banten,” sambungnya

Menurut Laila, minta baca anak-anak di Kabupaten Serang sudah bagus. “Hanya saja fasilitas yang kurang memadai,” jelasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Lalu Atarussalam Rais, yang membuka acara tersebut menyampaikan, minat anak-anak harus ditingkatkan dan terus dibina. “Keberhasilan giat membaca nasional harus melibatkan seluruh komponen bangsa, baik melalui dongeng rakyat, legenda, dan fabel,” ujar Sekda. (Rahmat)