SERANG – SMAN 1 Pontang, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang mewakili Provinsi Banten berhasil masuk semi finalis pada Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar Majlis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI tingkat nasional 2017.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari Humas SMAN 1 Pontang, 10 siswa perwakilan Provinsi Banten ini masuk semi final LCC Empat Pilar MPR RI, dimana SMAN 1 Pontang akan bertanding dengan SMAN 1 Singaraja (Bali) dan SMAN 3 Unggulan Tenggarong (Kalimantan Timur).

“SMAN 1 Pontang sedang berjuang di Senayan, Jakarta. Berangkat hari Rabu, (10/8) sampai Sabtu (19/8). Kemarin siang, sudah mulai babak penyisihan,” ungkap Waka Humas SMAN 1 Pontang Ahmad Taufik Halali, Minggu (13/8).

Seleksi tahapan sudah berlangsung sejak Juni lalu, kata Taufik, tahapan itu diadakan lomba LCC tingkat Kabupaten, berlanjut ke tingkat Provinsi. Sehingga, SMAN 1 Pontang berhasil menyabet juara pertama pada LCC Empat Pilar tingkat Provinsi Banten dan berhak mewakili ke tingkat nasional yang sedang berlangsung hingga akhir pekan mendatang.

“Untuk mencapai itu (tingkat provinsi dan nasional-red), ada persiapan khusus. Biasa yang sudah-sudah, belajar dari pengalaamn karena sebelumnya (2016-red) kami juara 3 tingkat Kabupaten. Agak dinaikan intensif pembelajaran khusus tentang LSC ini ada pembinaan PPKN untuk lebih fokus mempersiapkannya,” ucap Taufik dengan nada optimis.

Kata dia, di sekolahnya ada ekstrakulikuler PPKN, dengan pembimbing untuk melatih persiapan lomba ini, pihaknya lakukan persaipan sebaik mungkin menggunakan contoh soal baik dari internet maupun soal-saol tahun lalu yang sudah dihimpun.

“Kemudian anak-anak menghafalnya. Hafalan para siswa disini termasuk yang luar biasa, itu kelebihan sekolah kami. Karena lomba ini membutuhkan kecermatan, ada satu kata aja kelewat, udah. Dan juga bimbingan dari senior yang pernah lomba membagi pengalamannya sama anak juniornya sehingga dipadukan,” ungkap pria berkumis tipis itu.

Ia membeberkan siswa yang mewakili LCC empat pilar MPR RI ini dari kelas 11 dan 12. Ia berharap dengan adanya perwakilan dari SMAN 1 Pontang ke tingkat nasional dapat memotivasi 900 lebih siswa lainnya. “Artinya Pontang berada di pinggiran tapi ternyata bisa mengalahkan teman-teman yang ada di Kota bahkan mengalahkan Tangerang Selatan dan Tangerang. Mudah-mudahan wasilahnya seperti itu,” pungkasnya.(Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).