SERANG – Sekretaris Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Iif Fariudin menyatakan dukungannya terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Serang terkait dengan pengambilan alih Terminal Pakupatan. Diperkirakan pegambil alihan ini akan berdampak pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami akan berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan karena memang kami belum tahu apa saja yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” kata Iif melalui sambungan telpon seluler, Kamis (13/8/2015).

Iif juga berharap retribusi dan pengelolaan terminal Pakupatan tetap ada di pemerintah daerah, karena memang Retribusi terminal menjadi salah satu sumber PAD Kota Serang. “Kami berharap pengelolaannya tetap dilakukan oleh Pemkot Serang. Kami akan dukung agar retribusinya tetap di Dishubkominfo,” papar Iif.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan, pada tahun 2016 mendatang akan mengambil alih pengelolaan terminal Pakupatan Kota Serang. Ini akan berakibat hilangnya Retribusi yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp846 juta. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komukasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Serang Syafrudin kepada wartawan.

“Jadi sementara ini, terminal tipe A itu, diambil alih oleh pusat, akan tetapi pengelolaannya masih oleh pemerintah provinsi. Tapi ini belum ada keputusan yang pasti, masih dalam proses. Akan diambil alih tahun 2016 mendatang,” kata Syafrudin. (Fauzan Dardiri)
BAGIKAN