JAKARTA – Pemerintah masih tetap memberlakukan afirmasi untuk seleksi CPNS 2014, termasuk soal tes. Soal tes CPNS di daerah-daerah dibuat berbeda.

“Afirmasi tetap ada karena karakteristik masing-masing daerah berbeda. Tahun ini kita afirmasi di materi soalnya, kalau tahun lalu kan di passing grade,” kata Kabid Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Syamsul Rizal, Sabtu (18/10/2014).

Untuk materi tes CPNS 2014, lanjutnya diklasifikan menjadi tiga bagian, yakni kategori sulit, menengah, dan mudah. Kategori sulit di wilayah Indonesia Barat seperti Jawa dan Bali, menengah Indonesia Tengah seperti Sulawesi dan Kalimantan.

Sementara itu, paling mudah di wilayah Indonesia Timur seperti Papua, Papua Barat, Maluku. “Pemerintah sengaja mengklasifikan itu disesuaikan dengan tingkat kemampuan SDM di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Jika kemudian hasil tes kompetensi dasar (TKD) masih tetap jauh dari passing grade nasional yang ditentukan, menurut Syamsul, masih akan dibahas lanjut lagi oleh pemerintah. “Skenario yang sekarang soalnya kita kategorikan sulit, menengah, dan mudah. Kalau kemudian di daerah Indonesia Timur hasil TKD-nya di bawah passing grade nasional, nanti akan ada kebijakan pemerintah lagi,” bebernya. (jpnn/RB)