SERANG – Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Banten Suparman mengungkapkan, jika hasil konsultasi hukum yang sedang dilakukan Komisi I DPRD Banten kepada Mahkamah Agung membuka jalan Rano untuk mempunyai wakil saat jadi gubernur nanti maka Partai Golkar beserta partai pengusung lainnya sudah menyiapkan sosok pendamping Rano.

“Secara informal, obrolan sudah dilakukan dengan seluruh partai pengusung Rano di pilkada. Nama sudah kami siapkan,” ujar Suparman kepada radarbanten.com, Jumat (7/8/2015).

Ditanya terkait identitas dan kedudukan sosok yang disiapkan untuk menjadi wakil gubernur tersebut, Suparman enggan menyebutkannya hingga kejelasan hukum terkait hal tersebut ada.

“Tidak perlu disebutkan, yang jelas kader dari partai pengusung,” jelasnya.

Apapun hasil yang akan diperoleh nanti, Suparman mengaku akan mengikuti mekanisme yang ada. Ada atau tidak adanya wakil pihaknya mengaku akan setuju dan mendukung pemerintahan.

Sementara itu, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah mengatakan, jika memang memungkinkan ada wakil, mekanismenya adalah partai pengusung menyerahkan dua calon yang kemudian akan dipilih dan diserahkan kepada Kemendagri.

Adapun konsultasi hukum yang saat ini sedang dikonsultasikan yaitu terkait PP Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala dan Wakil Kepala Daerah yang saat ini menjadi acuan dalam proses pengangkatan Rano ini. Hal itu dikonsultasikan karena PP tersebut merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 32 tahun 2004, sedangkan undang-undang tersebut telah diganti oleh UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. (Bayu)