Rumput Stadion Utama Sport Center Dasana Indah dirapikan.

TANGERANG – Stadion Utama Sport Center Dasana Indah yang akan digunakan sebagai venue pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018 cabor atletik dan sepak bola dipastikan hampir rampung. Saat ini pengerjaan stadion yang berkapasitas 25 sampai 30 ribu penonton itu memasuki pemasangan kursi penonton di tribun VIP.

Pekerjaan lain yang terlihat adalah persiapan lintasan atletik untuk dilapisi karpet tartan, pemotongan rumput lapangan dan memasang ornamen cetakan batik Tangerang di belakang tribun penonton. Untuk lintasan atletik, saat ini sudah dilapisi beton dan tinggal menunggu pemasangan karet tartan.

“Untuk pemasangan lapisan sintetis lintasan atletik itu masuk kegiatan nonkonstruksi sport center dilakukan pada Januari 2018. Ini disesuaikan dengan kondisi cuaca karena kalau kita lakukan Desember, curah hujannya cukup besar,” jelas Taufik Emil, Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan.

Pernyataan Taufik diamini oleh Dedy Nurohman Konsultan pembangunan stadion utama yang menyatakan pembuatan lapisan tartan tidak butuh waktu lama untuk penyelesaiannya. Waktu satu bulan adalah yang paling lama untuk penyelesaian lintasan.

“Namun, syarat dengan kondisi tidak hujan. Kalau hujan, sulit mengestimasi waktu penyelesaian. Karena pelapisan dengan cairan tartan itu tergantung cuaca. Cuaca panas maka proses selesainya lebih cepat, kalau hujan tentunya pekerjaan menjadi terhambat,” ucap Dedy.

Pemangkasan rumput stadion saat ini sudah memasuki tahap akhir karena telah lebih dari enam kali pemotongan. Ke depan rumput tinggal dipotong sesuai dengan pola yang diinginkan. “Kalau rumput sudah delapan kali dipotong, nanti kami tinggal menjalankan instruksi membuat pola garis lurus melintang dengan ketebalan berbeda, empat senti dan dua senti,” ucap Santoso, mandor pemotongan rumput.

Di luar pemasangan tempat duduk, lintasan atletik dan rumput, pembangunan yang telah selesai dilakukan terlihat di bagian bawah tribun VIP, dalam hal ini pembuatan ruangan-ruangan fasilitas pertandingan. Dari pantauan ruang ganti pemain sudah selesai dibangun lengkap dengan kamar mandi dan shower untuk pemain.

Demikian juga dengan ruangan sekretariat dan ruangan penunjang lainnya seperti press room dan ruang perlengkapan sudah selesai dibuat. Kondisi ruangan-ruangan tersebut tinggal dirapikan dan ditambah fasilitas penunjang lainnya. (TE/RBG)

BAGIKAN