SERANG – Pendiri Emotional Spiritual dan Quotient (ESQ) Leadership Center, Ary Ginanjar, mengatakan, sistem pendidikan di Indonesia yang hanya mendewakan intelektual, berakibat pada krisis moral yang terjadi pada masyarakat.

“Narkotika dan kekerasan di kalangan anak bangsa, dikarenakan pendidikan yang tidak seimbang antara tiga kecerdasan manusia yakni intelektual, emosional, dan spritiual,” kata Ary, usai mengisi Stadium General IX Program Pasca Sarjana IAIN SMH Banten di Aula Utama IAIN SMH Banten, Kota Serang, Rabu (22/4/2015).

Rektor IAIN SMH Banten Fauzul Iman mengatakan, sarjana lulusan kampus IAIN SMH Banten saat ini, di satu sisi memang ada yang berhasil berkarir. Namun, lanjutnya, di sisi lain, ada juga yang belum berhasil. “Mudah-mudahan kehadiran Pak Ary bisa memberikan masukan guna mengubah mentalitas dan keteladanan bagi mahasiswa,” katanya.

Ketua Program Pasca Sarja IAIN SMH Banten Utang Ranuwijaya menjelaskan, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin setiap semesternya, guna menambah wawasan para mahasiswa. (Fauzan Dardiri)