SERANG – Hari ini (21/9/2015), panitia seleksi (pansel) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang menyerahkan tiga nama calon sekda terbaik kepada Walikota Serang Tb Haerul Jaman. Kemarin, pansel telah melakukan rapat pleno untuk menghitung nilai dari delapan pejabat yang mengikuti lelang terbuka sekda.

Ketua DPRD Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan bahwa Walikota harus cermat dalam memilih sekda. “Tentu saja yang bisa membantu Pak Walikota dalam menjalankan pekerjaan,” ujar Subadri, Minggu (20/9/2015).

Sebagai pejabat tertinggi di Pemkot Serang, Subadri mengatakan, sekda yang baru nanti haruslah memiliki pengetahuan yang lebih dan kompetensi yang mumpuni. Apalagi, sekda nantinya harus dapat menerjemahkan kebijakan Walikota dan Wakil Walikota dalam program kerja Pemkot.

Untuk itu, politikus Partai Golkar ini berharap Walikota memilih salah satu terbaik dari tiga calon yang telah diuji pansel. “Tentunya saya yakin Pak Walikota mampu menentukan yang terbaik,” ujar Subadri.

Ketua Pansel Sekda Kota Serang Mahfud mengatakan, pansel sudah menentukan tiga yang terbaik dari delapan yang mendaftarkan diri. “Kami sudah mengakumulasikan nilai dari tiga tes yang dilakukan mulai dari asesmen, kesehatan, sampai wawancara,” terangnya.

Dari hasil itu, ia mengaku pansel siap mempertanggungjawabkannya. Bahkan, dalam rapat pleno kemarin, tidak ada kendala apa pun karena semua berjalan sesuai aturan.

Kata dia, rapat pleno memang mundur dari yang sebelumnya dijadwalkan Sabtu karena dua orang anggota pansel berhalangan hadir. “Tapi, itu tak berpengaruh apa pun. Agenda untuk menyampaikan ke Pak Walikota tetap dilakukan besok (hari ini-red) sesuai yang sudah dijadwalkan sebelumnya,” terang Mahfud.

Ia mengatakan, ketiga nama calon sekda itu akan disampaikan oleh lima anggota pansel langsung kepada Walikota. Dari tiga nama itu, Walikota mempunyai hak prerogatif untuk menentukan salah satu di antaranya sebagai sekda definitif.

Namun, tidak diatur berapa lama waktu bagi Walikota untuk menentukan salah satu dari ketiga nama itu. “Tentu saja Pak Walikota butuh waktu untuk menentukan, tapi saya rasa tidak akan lama,” ujarnya. (RB/nna/alt/dwi)