PRODUSEN mobil Subaru, Fuji Heavy Industry, telah memperkenalkan model hybrid kedua besutannya. Subaru Impreza Sport hybrid. Kabarnya model ini berbagi teknologi sumber tenaga dengan seniornya, Subaru XV Crosstrek hybrid.

Seperti dilansir Leftlanews, Minggu (24/5), perkiraan itu mencuat karena model hybrid baru Subaru itu juga menggunakan sasis yang sama dengan XV Crosstrek hybrid. Jika itu benar, maka mesin konvensional yang diusungnya berkapasitas 2.000 cc model boxer.

Mesin itu dipadukan dengan sebuah motor listrik yang menyemburkan tenaga 13,4 hp. Sehingga total tenaga yang dihasilkan dua sumber tenaga tersebut mencapai sekitar 148 hp dan torsi 145 lb-ft.

Untuk menyalurkan tenaga ke roda digunakan transmisi otomatis continously variable transmission (CVT). Belum diketahui apakah pabrikan ini juga menawarkan transmisi manual.

Untuk desain, Subaru terlihat hanya melakukan ubahan minor bila dibanding dengan tampilan Subaru Impreza bermesin konvensional. Grill besar yang menyambung ke bezel lampu kabut berbeda dengan milik saudaranya itu.

Begitu pun dengan lampu belakang. Bagian potongan lampu merah dan putih dibalik sehingga berbeda dengan lampu yang sama pada Subaru Impreza versi konvensional.

Subaru mulai menjajakan model ini di Jepang pada musim panas mendatang. Pabrikan belum menyebut apakah model hybrid anyar itu juga dilego di kawasan lain.

Sementara, di situs resmi perusahaan, Subaru ternyata sudah mulai menawarkannya sejak awal pekan kemarin, yakni Senin (19/5). Hanya tak disebutkan berapa banderol model tersebut.(Tangerang Ekspres/bud/dtk)