KEPUTUSAN besar besar bakal dibuat Ansu Toure. Kebiasaan melihat rekan satu tim menjalankan ibadah salat dan mengaji, membuat pemain berkebangsaan Liberia itu berniat menjadi mualaf.

Puncaknya, ketika Persiba Balikpapan menjalani tur perdana Qatar National Bank (QNB) League 2015 ke Makassar, Sulawesi Selatan. Saat itu, dirinya hendak mengunjungi kamar pelatih fisik Beruang Madu, Budi Kurnia. Mengetuk pintu kamar plus memanggil nama Budi berulang kali, tetapi Ansu tak mendapat jawaban.

“Saat itu saya sedang salat. Tapi, saya masih mendengar kalau Ansu sedang memanggil dan minta dibukakan pintu. Dia pun akhirnya menunggu. Setelah salat barulah saya keluar dan menjelaskan ke Ansu kalau sedang beribadah,” ucap Budi Kurnia, Sabtu (11/4).

Mantan pelatih fisik Semen Padang U-21 itu pun kaget ketika Ansu saat itu juga mengungkapkan ingin menjadi muslim.

“Saya pun menjelaskan bahwa menjadi muslim harus banyak belajar. Terutama cara beribadah. Akhirnya Ansu pun meminta saya menjadi guru untuk mengajarinya,” imbuhnya.

Ketika dikonfirmasi kepada Ansu Toure, dirinya pun membenarkan hal tersebut.

“Benar, saya serius ingin menjadi seorang muslim. Soalnya ayah saya juga muslim. Jadi mungkin saya akan mengikuti jejaknya,” terang pemain yang berposisi sebagai second striker tersebut. (*/npc/er/jpnn)