JAKARTA – Penggemar film Filosofi Kopi (2015) pasti masih ingat dengan lekatnya persahabatan Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto). Karakter yang berbeda sekaligus dinamika mereka bikin fans terpikat dengan relasi bromance mereka. Keakraban itu tidak hanya tampak di film. Di luar kamera, Chicco dan Rio juga sangat dekat.

Hal tersebut terlihat saat mereka berkunjung ke redaksi Jawa Pos Jakarta, Kamis (6/7) siang, untuk mempromosikan film terbaru yang berjudul Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Chicco memakai jaket denim dengan detail patch ala anak grunge 90-an.

Sementara itu, Rio tampil kasual dengan kemeja santai dan celana chino. Pembawaan keduanya terbilang sama dengan karakter Ben dan Jody. Chicco blak-blakan, ceria, serta lively. Sementara itu, Rio kalem, perhitungan, dan cool. ”Kami berdua sulit lepas dari tokoh Ben dan Jody,” ujar Chicco.

Dalam film, mereka dikisahkan sebagai owner Kedai Filosofi Kopi. Di kehidupan nyata, mereka juga membangun bisnis Kedai Filosofi Kopi. Saat mengelola kedai, karakter keduanya sama seperti di film. Chicco menyerupai Ben yang lebih mengurus peracikan dan manajemen barista. Sementara itu, Rio terbiasa menjadi Jody yang melakukan analisis, perhitungan, dan pengembangan bisnis.

Sebelum berperan dalam Filosofi Kopi dan menjadi rekan bisnis, Chicco dan Rio sudah akrab. Saat SMA, Chicco merupakan kakak kelas Rio. Keduanya pun tinggal di lingkungan perumahan yang sama. Saking akrabnya, ketika syuting, mereka bisa sangat natural. ”Banyak celetukan atau dialog yang kami lakukan secara spontan, tapi tetap nyambung,” tutur Rio bercerita mengenai chemistry-nya dengan Chicco.

Film sekuel Filosofi Kopi tersebut rilis pada 13 Juli mendatang. Selain berakting, Chicco dan Rio menjadi produser bersama Anggia Kharisma. (jpg/alt/ira)