SERANG – 12 November menjadi peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), tahun ini, Kementerian Kesehatan lebih fokus pada kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) melalui serangkaian acara yang dilaksanakan sejak awal November 2017.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kantor Cabang Serang Sofyeni mengatakan, fokus HKN tersebut untuk mewujudkan Indonesia sehat, keluarga sehat. “Dari tahun ke tahu BPJS Kesehatan selalu mensupport acara HKN yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan provinsi,” ujar Sofyeni, Rabu (14/11).

Penyelenggaraan HKN kali ini lebih menekankan pada edukasi gaya hidup sehat tingkat keluarga. Sofyeni menambahkan, setiap keluarga harus sudah menerapkan perilaku hidup sehat.

Menurutnya, pola hidup sehat juga menjadi salah satu program promotif preventif yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan telah membentuk club program pengelolaan penyakit kronis, KIE, olahraga sehat, skrining kesehatan, deteksi dini kanker leher rahim dan promotif preventif sesifik daerah hampir di seluruh fasilitas kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Kalau setiap keluarga sehat maka Indonesia sehat. Ini mengarah pada Indonesia sejahtera. Kita mendorong Germas kepada tiga fokus, aktivitas fisik, makan buah, sayur, dan ikan, dan cek kesehatan,” katanya.

Selain itu, pada puncak acara HKN, dilaksanakan senam bersama, pengukuran tensi san gula darah. Senam bersama akan dilakukan serentak di lebih 30 provinsi dengan target rekoe muei. Sebelumnya kegiatan serupa juga dilkasnakan di Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pandeglang Irna Narulita berharap pada peringatan HKN ini ia juga berharap pola hidup sehat dapat ditingkatkan untuk masyarakat Pandeglang.

“Inikan merupakan kegiatan Pemerintah Pusat yang kita tindaklanjuti, dan ini perlu dukungan penuh dari Perangkat Daerah serta masyarakatnya, khususnya kami Kabupaten Pandeglang juga tidak mau ketinggalan. Kami juga butuh SDM yang sehat, insya allah dengan sehat bisa bugar, dan dengan bugar bisa produktif,” paparnya.

Irna juga menghimbau kepada masyarakat Pandeglang agar melakukan Pola hidup sehat dengan berolahraga setiap seminggu sekali, progrma Germas yang digalakan Pemerintah pusat diharapkan dapat membawa dampat baik untuk masyarakat Pandeglang dalam menerapkan Pola hidup Sehat, Keluarga Sehat.

“Kami tidak ingin masyarakat kami tidak produktif, maka dari itu saat ini yang kami galakan adalah pencegahan, penyuluhan serta Preventif Promotif, untuk ibu-ibu yang biasa Mager (males gerak-red) ayolah mulai sekarang kita bergerak berjalan mengelilingi komplek perumahan juga tidak masalah setiap pagi,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeamdchococake@gmail.com)