SERANG – Plt Gubernur Banten Rano Karno melalui Staf Ahli Daerah Bidang Pemerintahan Peprov Banten Sigit Suwitarto, mengatakan, Kota Serang sebagai daerah yang strategis bagi Provinsi Banten.

“Sebagai sebuah kota tempat pusat pemerintah provinsi berada, menjadikan Kota Serang sebagai wilayah yang strategis, yang dapat meringankan tekanan perkembangan penduduk di Provinsi Banten, dengan menerapkan pola pemukiman dan kesempatan kerja yang lebih merata,” kata Sigit membacakan sambutan Rano pada Rapat paripurna DPRD Kota Serang tentang HUT Ke-8 Kota Serang, Senin (10/8/2015).

Salah satu tujuan pembentukan Kota Serang, lanjut Sigit, agar Pemerintah Kota Serang lebih meningkatkan daya guna dan hasil guna, dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakatnya.

“Mampu meningkatkan pelayanan dasar kepada masyarakat. Kami yakin Kota Serang mampu mensejajarkan diri dengan ibukota provinsi lainnya yang lebih dulu ada,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, posisi Kota Serang sangat penting ditinjau dari berbagai sisi, mulai dari sisi geografis, politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Berkenaan dengan hal tersebut, terdapat juga permasalahan yang perlu mendapat perhatian bersama dalam menanganinya.

“Tingginya laju pertumbuhan penduduk, berbagai masalah ketenagakerjaan, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, dan kesehatan masyarakat, lingkungan, banjir dan sampah dan dampak soal lain sesuai permasalahan Kota, serta tingginya angka kriminalitas sebagai akibat pertumbuhan penduduk yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan,” katanya.

“Momentum hari jadi ini, dalam rangka refleksi peningkatan kinerja, pengabdian, dan dedikasi kita dengan selalu memperkokoh semangat kekeluargaan. Sehingga kita mampu melaksanakan tugas yang berkualitas, dalam memacu pembangunan untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Kota Serang,” sambung Sigit. (Fauzan Dardiri)