Wwarga kompleks Taman Lopang Indah (TLI), Kelurahan Lopang, Kota Serang, memperbaiki jalan rusak secara swadaya

SERANG – Tak kunjung diperbaiki oleh Pemkot Serang,  warga kompleks Taman Lopang Indah (TLI), Kelurahan Lopang, Kota Serang, memperbaiki jalan rusak secara swadaya. Warga memperbaiki jalan utama sepanjang 240 meter dari uang iuran warga dan pengusaha yang tinggal di kompleks tersebut.

“Sedikitnya dana Rp120 juta habis buat perbaiki jalan ini.  Semuanya murni swadaya masyarakat dan para pengusaha. Tidak ada satu rupiah pun kucuran dana dari pemerintah Kota Serang,” ujar Ketua RW 07, Muhammad Gultan, Jumat (21/4).

Menurut Gultan,  Pemkot Serang mempunyai tanggung jawab untuk memperbaiki jalan tersebut karena seluruh aset komplek sudah diserahkan oleh pengembang kepada Pemkot Serang. “Kami berharap Pemkot Serang dapat merealisasikan perbaikan jalan rusak yang ada di lingkungan komplek. Pengajuan permohonan perbaikan jalan rusak sudah disampaikan tahun lalu, informasinya April ini,” ujarnya.

Karena keterbatasan anggaran,  menurut Gultan, masyarakat memperbaiki jalan dengan cara diaspal dengan ketebalan mencapai 15 cm. “Inginnya dibeton,  karena anggarannya kurang, diaspal saja.  Tapi kualitas pengaspalan ini cukup baik dan dikerjakan selama lima hari oleh kontraktor,” ujarnya.

Mahyumi, tokoh masyarakat, meminta warga untuk bersama-sama merawat jalan agar tidak cepat rusak.  Sebagus apapun kualitas jalan, jika penggunaannya tidak sesuai tonase makan jalan akan cepat rusak.

“Soal drainase juga perlu diperhatikan, minimal yang ada di muka rumah dulu. Jangan sampai drainase yang sudah kita normalisasi ini mampet, air menggenangi badan jalan,” paparnya.  (Bayu Mulyana/coffenadchcocake@gmail.com)

BAGIKAN