CILEGON – Beras untuk warga miskin (raskin) dengan kalitas tak layak konsumsi juga ditemukan di Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil. Petugas Kelurahan Taman Baru mengetahui kondisi raskin itu tak layak konsumsi dan membatalkan pembagian raskin kepada 188 Rumah Tangga Sasaran (RTS). “Sejak didatangkan, kondisi beras sudah jelek dan sangat tidak layak. Jadi kami batalkan pendistribusiannya ke RTS, sesuai instruksi dari BPMKP (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangan-red),” Kasi Kesra Kelurahan Taman Baru Kecamatan Citangkil Endang Syuhada, Senin (1/9/2014).

Sama halnya dengan kondisi raskin yang terdapat di Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, raskin di Kelurahan Taman Baru juga berwarna kecoklatan, butir beras pecah, dan dipenuhi kutu. “Sekarang raskin itu sudah diganti, tapi ada tiga karung yang tidak bisa ditukar sebab karungnya sudah rusak,” jelasnya.

Humas Bulog Sub Divre Serang Khairullah membenarkan adanya penggantian itu. Namun demikian, pihaknya membantah adanya kelalaian pihaknya dalam melakukan pengawasan kualitas raskin. “Kita Sudah cek sebelum didistribusikan, cuma sampling saja.
Karena dengan kuota raskin sebanyak itu, kami tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan,” katanya.

Dikatakan, raskin itu didapat pihaknya dari petani Banten pada awal tahun 2014. “Kami juga mengimbau kepada lurah di Cilegon untuk segera melapor bila raskin itu dianggap tidak layak, agar dapat segera diganti,” jelasnya. (Devi Krisna)

BAGIKAN