CILEGON – Setelah sebelumnya sempat mendapatkan penghargaan sebagai kota sehat dengan predikat Swasti Saba Padapa (Pemantapan) pada tahun 2013 silam, tahun ini Kota Cilegon terus berbenah dan berharap akan mendapatkan level penghargaan dengan predikat kota sehat yang lebih baik lagi, yakni pada tingkatan predikat Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan).

“Membangun Kota Cilegon sebagai Kota Sehat menjadi tugas kita bersama dan harus ada proses yang berkelanjutan. Dan saya mengharapkan, Kota Cilegon mampu mendapatkan Swasti Saba Wiwerda karena hal ini akan menjadi simbol keberhasilan Kota Cilegon,” ujar Pjs Walikota Cilegon, Suyitno saat menerima kunjungan Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Nasional diruang rapat Walikota, Rabu (16/9/2015).

Cilegon ditetapkan sebagai kota yang juga berpeluang untuk mendapatkan penghargaan itu dan bersaing dengan 62 Kabupaten/ Kota lainnya ditanah air. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon Arriadna tidak menampik bahwa untuk meraih level predikat yang lebih baik itu, Pemkot harus bekerja ekstra keras. Sebab, obyek penilaian untuk predikat Swasti Saba Wiwerda itu lebih banyak dibandingkan dengan predikat Swasti Saba Papada.

“Kalau dulu (Swasti Saba Papada) penilaiannya cuma pada obyek sehat mandiri dan pemukiman sehat. Nah kalau di level yang lebih tinggi ini, termasuk adanya penilaian tatanan industri perkantoran sehat, transportasi sehat, pariwisata sehat dan masih banyak lagi. Kita optimistis, karena Kota Cilegon pernah menjadi pilot project untuk catatan kerja sejak tahun 2010, kita berharap itu ada penilaiannya,” katanya.

Pada bagian lain, Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Naional, Bambang Wahyudi menjelaskan beberapa aspek yang dapat mewujudkan suatu Kota mendapatkan predikat Kota sehat. “Lingkungan dan perilaku masyarakat adalah faktor utama terwujudnya kesehatan. ada beberapa faktor yang bisa mendukung terwujudnya Kota sehat, yaitu kebersamaan, kesinambungan dan kesejahteraan,” jelasnya. (Devi Krisna)

Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Nasional saat berkunjung ke Pemkot Cilegon
BAGIKAN