Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, dan Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi saat pemaparan hasil uji jaringan, Kamis (18/5).

BATU – Telkomsel memastikan jaringan pada momen Ramadan dan Idul Fitri 1438 H akan aman dan lancar sehingga 170 juta pelanggannya nyaman berkomunikasi. Untuk kedua momen itu, yang biasanya terjadi lonjakan trafik, Telkomsel telah menyiapkan keandalan infrastruktur dan melakukan uji jaringan secara nasional, seperti di jalur mudik lintas Sumatera dan Jawa-Bali.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengungkapkan, jaringan Telkomsel kini telah menjangkau 99 persen wilayah Indonesia dengan 140.000 base transceiver station (BTS), di mana 35 persen di jaringan 2G, 55 persen di jaringan 3G, dan 10 persen di jaringan 4G.

“Pelanggan sudah 170 juta, di mana 89 juta penguna data,” kata Bob saat pemaparan hasil uji jaringan di Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (18/5). Hadir pada kesempatan itu Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, Direktur Sales Telkomsel Sukardi Silalahi, Chief Commander Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2017 Andrias Indra, dan Vice President Corporate Communications Adita Irawati.

Pada momen Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik komunikasi pada layanan data di daerah jalur mudik dan tujuan wisata jika dibandingkan dengan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik pada layanan data berkisar antara 20% sampai dengan 25% menembus 5809 Tera Byte. Sementara layanan suara diprediksi mengalami penurunan berkisar antara -3% sampai dengan -6% mencapai 1.37 milliar menit, dan SMS berkisar antara -1% sampai dengan -3% mencapai 720 juta SMS.

Mengatisipasi hal tersebut, Telkomsel melakukan serangkaian kegiatan optimalisasi jaringan, seperti menjaga ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa dan Sumatera telah disediakan kelonggaran sebesar 35% – 60%, seperti Jawa Barat sebesar 38%, Jawa Tengah sebesar 48%, dan Jawa Timur sebesar 57% dan Sumatera Selatan sebesar 58%.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengungkapkan bahwa Telkomsel memiliki komitmen untuk memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi kepada para pelanggannya dalam berbagai kesempatan, termasuk pada momen Ramadan dan Idul Fitri.

Ia juga menyinggung soal tarif dan layanan yang diberikan Telkomsel. “Tarif mahal itu relatif. Tapi tarif Telkomsel termasuk paling murah ketiga di dunia. Boleh dicek dan bandingkan,” katanya.

Soal tarif, Ririek mengungkapkan tiga hal yang penjadi pegangan Telkomsel yaitu memberikan harga layanan yang terjangkau, operatornya tetap mampu bertahan dan berkesinambungan memberikan layanan, serta operator dapat menyediakan jaringan yang merata di mana-mana. (Aas Arbi/arbie_pdg@yahoo.com)