Temu PGN dan Pelanggan: Tanding Futsal, Perkuat Kerja Sama

CILEGON – Sebagai bentuk komitmen untuk melayani pelanggan gas bumi dari berbagai sektor ekonomi, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Persero Tbk mengadakan tanding futsal bersama di lapangan futsal The Level, Krakatau Steel, Cilegon, Rabu (13/9).

Sales Area Head PGN Area Cilegon Yohanes Chandra mengatakan, kegiatan temu PGN dan pelanggan itu dilakukan dengan berbagai sektor. Kata dia, kegiatan yang diikuti sektor pelanggan PGN, yakni sektor industri manufaktur dan pembangkit listrik (IMPL).

“Kegiatan ini mengikutsertakan stake holder, yakni KODIM 0623 Cilegon dan Polres Cilegon serta Radar Banten,” katanya kepada Radar Banten.

Ia mengaku, sangat senang dapat melaksanakan kegiatan yang melibatkan pelanggan serta stake holder di area Cilegon. Dengan kegiatan ini, lanjut Yohanes, ia berharap pelanggan dan stake holder bisa lebih dekat dengan PGN.

“Dengan ini, kami harap semua bisa merasakan gas bumi sebagai energi yang efisien, aman, dan ramah lingkungan di Cilegon,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sejumlah industri besar yang ikut dalam kegiatan ini merupakan pelanggan dengan pemakaian di atas satu juta meter kubik per bulan. Kata dia, pelanggan industri besar yang berpartisipasi antara lain PT Chandra Asri Petrochemical, PT Asahimas Chemical, PT Mitsubishi Chemical Indonesia, PT Unggul Indah Cahaya, PT Styrindo Mono Indonesia, dan PT Petrojaya Boral Plasterboard.

Menurutnya, sejumlah perusahaan tersebut masuk dalam pelanggan sektor IMPL. Saat ini, jumlah pelanggan IMPL di Cilegon mencapai 34 pelanggan. Sedangkan dari sektor pelanggan kecil sebanyak dua pelanggan.

“Untuk sektor rumah tangga mencapai 235 pelanggan. Dengan itu, total pelanggan PGN di Cilegon mencapai 271 pelanggan,” jelasnya.

Lebih lanjut, PGN mengoperasikan jaringan pipa gas di area Cilegon mencapai 102,89 kilometer. Yohanes menjelaskan, panjang pipa steel mencapai 90,97 kilometer, sedangkan pipa PE mencapai 11,92 kilometer.

“Kami terus berupaya agar menyalurkan gas bumi secara tepat waktu untuk berbagai sektor pelanggan, terutama pelanggan di area Cilegon. Kerja sama dengan berbagai sektor pelanggan dan stake holder di Cilegon dapat terjalin dengan baik,” kata Yohanes.

Secara nasional, jumlah pelanggan PGN terus meningkat. Saat ini, PGN telah memasok gas bumi ke 1.659 industri besar dan pembangkit listrik, 1.928 pelanggan sektor komersial dan UMKM (hotel, restoran, rumah sakit), dan 170.094 pelanggan rumah tangga. Lalu, PGN juga telah memiliki sepuluh stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) di sejumlah daerah serta empat MRU untuk pelanggan sektor transportasi.

“Pipa gas yang dibangun dan dioperasikan PGN saat ini lebih dari 7.278 kilometer atau setara dengan 80 persen infrastruktur gas bumi hilir di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Alwan/RBG)