SERANG – Untuk mempercepat proses peralihan status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Rektor IAIN “Sultan Maulana Hasanuddin” Banten Fauzul Iman melakukan sowan ke Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla beberapa waktu lalu.

“Sebagai kampus negeri, sudah sewajarnya melakukan sowan untuk silaturahmi kepada kepala negara,” kata Fauzul Iman saat disambangi di ruang kerjanya siang ini, Kamis (15/10/2015).

Fauzul melanjutkan, dalam kesempatan tersebut Wapres Jusuf Kalla mendukung percepatan peralihan status tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Banten. “Wapres mengaku akan langsung berkoordinasi dengan kementerian yang bersangkutan dengan peralihan status ini,” ungkap Fauzul.

Fauzul sendiri menargetkan peralihan status ini selesai secepat mungkin atau hingga berakhir masa kepemimpinannya di kampus Islam negeri di Banten tersebut. “Kita tanah sudah punya, mahasiswa dan tenaga pendidik sudah memenuhi persyaratan untuk perubahan status tersebut,” paparnya.

Peralihan status ini dinilai penting untuk kemajuan pendidikan dan sumber daya manusia di Provinsi Banten. “Setelah melakukan sowan dengan wapres, kita pun akan melakukan sowan dengan pihak-pihak lain,” pungkasnya. (Bayu)