SERANG – Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perhubungan pada tahun 2016 mendatang akan mengambil alih pengelolaan Terminal Pakupatan, Kota Serang. Pengambilalihan ini akan berakibat hilangnya retribusi yang menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp846 juta.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komukasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Serang Syafrudin kepada wartawan, melalui sambungan telpon seluler, Kamis (13/8/2015).

“Jadi sementara ini, terminal tipe A itu diambil alih oleh pusat, akan tetapi pengelolaannya masih oleh pemerintah provinsi. Tapi ini belum ada keputusan yang pasti, masih dalam proses. Akan diambil alih tahun 2016 mendatang,” kata Syafrudin.

Syafrudin mengatakan, kalau itu diambil alih oleh pemerintah pusat, ada kemungkinan retribusinya diambil alih sama pemerintah pusat yang target tahun 2015 ini retribusinya mencapai Rp846 juta.

“Menurut saya boleh-boleh sarana dan prasarananya diambil pemerintah pusat, karena ini posisinya di Kota Serang, kalau bisa retribusinya tetap masuk Kota Serang,” katanya.

Terkait dengan hal tersebut, kata Syafrudin pihaknya akan melakukan langkah untuk mempertahankan retribusi daerah, bila aturan-aturannya sudah jelas.

“Kemudian yang menjadi keberatan-keberatan bagi Pemkot Serang, Kota Serang punya perda, kemudian kita dituntut PAD sekian miliar, termasuk juga retribusi terminal tipe A, sehingga Pemkot dan Dishub akan mempertahankan retribusinya,” kata Syafrudin.

Syafrudin menambahkan, selama ini biaya rehab terminal pakupatan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten, sedangkan dari Kota Serang pada tahun 2014 hanya melakukan perawatan terhadap kios-kios dengan besaran biaya sekitar Rp150 juta.

“Saya berharap, bila pengambil alihan terminal tipe A Pakupatan ini benar-benar dilakukan oleh Pemerintah Pusat mudah-mudahan akan menjadi lebih baik,” katanya. (Fauzan Dardiri)
BAGIKAN