SERANG – Harus menempuh jarak tiga sampai lima kilometer ke pusat kecamatan, tiga kelurahan di Kecamatan Walantaka mengadakan upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 sendiri. Tiga kelurahan tersebut, yaitu Kelurahan Kepuren, Teritih dan Kalodran.

Wardi Asikin Lurah Kelurahan Kepuren kepada wartawan, Senin (17/8/2015) menjelaskan, upacara seperti ini dilakukan sejak tahun 2008 yang melibatkan tiga kelurahan.

“Alasannya, karena ke kantor kecamatan jauh, kira-kira 3-5 kilometer jaraknya. Sehingga diadakan di Lapangan Kelurahan Kalodran,” kata Wardi usai menggelar upacara.

Wardi yang dalam upacara menjadi Inspektur Upacara menjelaskan, selain itu juga warga tidak mungkin ke sana (Kantor Kecamatan Walantaka-red), karena anak-anak sekolah ingin mengadakan upacara sendiri. “Pesertanya warga, anak sekolah, tokoh masyarakat. Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa. Ke depan kita akan terus melaksanakan upacara di sini,” kata Wardi.

Wardi menjelaskan, setelah pelaksanaan upacara diisi dengan pertunjukkan kesenian masing-masing sekolah seperti pencak silat, kesenian dan banyak juga warga yang berpakaian seperti para pejuang.

Pantauan radarbanten.com di lokasi, kegiatan upacara dilaksanakan sekitar 08.45 WIB ini, diikuti oleh sekitar seribuan warga yang berasal dari tiga kelurahan. Selain anak muda, nampak hadir ibu-ibu dan bapak-bapak pada upacara tersebut. (Fauzan Dardiri)
BAGIKAN