MERAK – Tim Zona I dari Ekspedisi Indonesia Kapsul Waktu 2085 tiba di Pelabuhan Merak, sekira pukul 21.30 WIB, Jumat (16/10/2015). Kedatangan rombongan tim yang sandar di dermaga I Pelabuhan Merak itu disambut langsung oleh General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Yanus Lentanga dan Kapolres Cilegon AKBP Anwar Sunarjo.

Zona I merupakan kelompok yang terdiri dari 11 provinsi. Dimana Banten menjadi satu-satunya provinsi di Pulau Jawa yang menjadi wilayah yang tergabung dengan 10 provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

Koordinator Zona I, Zabidi Ritonga mengatakan, kedatangan mereka di ujung barat Pulau Jawa itu setelah menempuh perjalanan di 10 provinsi di Pulau Sumatera mulai dari Aceh hingga tiba di Pulau jawa, sejak dilepas oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno pada 17 September lalu di Gelora Bung Karno. “Banten adalah Provinsi terakhir untuk Zona I. Dan kita akan menghimpun cita-cita masyarakat Banten, Sabtu (17/10/2015) sore di gedung pendopo,” ujarnya.

Kapsul waktu itu, kata dia, adalah tabung berbahan stainless steel seberat 65 kilogram yang menyimpan 35 mimpi, cita-cita dan harapan masyarakat Indonesia dari 34 Provinsi, dan satu lainnya yaitu dari Presiden. “Tabung ini akan dibuka pada 17 Agustus 2085, atau 70 tahun kemudian di depan kantor Bupati Merauke, dimana saat ini mulai dibangun tugu kapsul waktu di tempat itu,” sambungnya.

Pantauan radarbanten.com di lokasi, untuk mengawal tabung kapsul itu, tim dari Zona I menggunakan tiga mobil. Dimana, tabung kapsul itu terpasang di kabin mobil Toyota Hilux dengan nomor polisi B 9489 UBB.

Sementara itu, Amin Fauzi, Panitia Nasional yang menjadi pendamping Koordinator Zona I menerangkan, berbagai macam pengalaman yang mereka dapatkan selama melalui 10 provinsi di Pulau Sumatera itu. “Kita melalui daerah-daerah yang rawan aksi kejahatan, hingga di salah satu kawasan hutan di Riau kita juga sempat menabrak seekor kijang, yang kabur ke jalanan karena adanya insiden pembakaran hutan itu,” katanya.

Menurut rencana, kata Amin, Ekspedisi Indonesia Kapsul Waktu 2085 itu akan berakhir pada tanggal 22 Desember mendatang di Merauke, yang masuk dalam wilayah Zona VII. (Devi Krisna)