Manfaatkan waktu sebaik mungkin, termasuk waktu antre mandi untuk tidur. (Foto: istimewa)

SERANG – 22 Oktober menjadi hari spesial bagi para santri. Pasalnya, pada tanggal tersebut merupakan Hari Santri Nasional.

Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional mengacu pada kejadian bersejarah yang dilakukan oleh para santri dan ulama, yaitu gerakan resolusi jihad yang diinisasi oleh Kiai Haji Hasyim.

Saat ini, perkembangan pondok pesnatren sebagai tempat para santri menuntut ilmu semakin berkembang. Tentu perkembangan itu pun diikuti oleh para santri.

Kini, banyak pondok pesantren yang mempelajari disiplin ilmu lain selain ilmu agama. Dengan memadukan ilmu agama dan ilmu lain membuat santri memiliki kualitas yang tinggi.

Dibalik itu semua, banyak aktifitas para santri selama mondok yang bisa memancing tawa. Bagi yang dulu pernah nyantri mungkin pernah mengalami dan pasti akan tertawa terbahak-bahak jika mengingat aktifitas tersebut.

Berikut Radar Banten Online suguhkan tujuh meme berdasarkan aktifitas santri yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ngantuk Datang Mager Pun Tiba

Saat ngantuk dan mager duet, disitulah santri tak berdaya (foto: istimewal

Mengaji dan hafalan menjadi dua aktifitas yang wajib dilakukan para santri di pondok pesantren. Saat ngantuk menyerang, bisa banyak hal ngakak yang dilakukan para santri.

2.Tidur Sambil Antre Mandi

Manfaatkan waktu sebaik mungkin, termasuk waktu antre mandi untuk tidur. (Foto: istimewa)

Jumlah santri yang banyak dan tidak sesuai dengan jumlah kamar mandi memaksa para santri untuk antre mandi. Tak jarang waktu antre tersebut dimanfaatkan untuk tidur oleh para santri.

3. Makan Berjamaah

Jangankan salat, makan pun berjamaah. (Foto: istimewa)

Salat bukan satu-satunya hal yang dilakukan secara berjamaah. Bagi para santri di pondok pesantren, makan pun bisa dilakukan secara berjamaah.

4. Santri Band

Ini bukti jika santri kreatif dan inovatif. (Foto: istimewa)

Kehidupan santri di pondok pesantren tidak melulu soal mengaji, ibadah, dan hafalan. Bermusik pun menjadi bagian dari aktifitas santri. Saat hasrat bermusik tinggi namun tak ada alat musik asli, ember dan gayung pun jadi sasaran.

5.Santri Pun Bisa Gereget

Wudhu yang bikin gereget. (Foto: istimewa)

Untuk ibadah apapun bisa dilakukan santri, salah satunya wudhu di pinggir kali yang curam sekalipun.

6. Apapun Posisinya, Tidur Tetap Nyenyak

Apapun posisinya, tidur tetap nyenyak. (Foto: istimewa)

Aktifitas santri di pondok pesantren yang padat kerap membuat santri kelelahan. Tak heran jika santri bisa ketiduran saat melakukan aktifitas lain, salah satunya saat belajar.

7. Santri Baper

Ini sih namanya baper. (Foto: istimewa)

Untuk meme yang terkahir ini membuktikan jika santri pun punya sisi romantisme.

(Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)

BAGIKAN