SERANG – Universitas Serang Raya luncurkan perubahan Fakultas Ekonomi (FE) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Peluncuran ini bertujuan untuk memperoleh akreditasi bertaraf global.

Perubahan nama dari Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis telah dirubah sejak Januari 2017. Hal ini membuktikan kebulatan tekad dan kesiapan segenap keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk menyongsong akreditasi bertaraf dunia.

Rektor Unsera Hamdan mengatakan sosialisasi perubahan nama menjadi salah satu bagian penting dari rangkaian acara khusus, yang digelar untuk memperingati hari jadi Universitas Serang Raya (Dies Natalks) pada tanggal 23 Desember 2017.

“Alasan mendasar perubahan tersebut adalah, perkembangan pohon keilmuan ekonomi yang pesat, dan persyaratan untuk memperoleh akreditasi global,” kata Hamdan saat konferensi pers bersama rekan media di Kampus Unsera, Kota Serang, Selasa (14/11).

Alasan lainnya di era globalisasi ini, persaingan di dunia kerja sangat ketat. Apalagi, kata dia, masyarakat ekonomi ASEAN sudah di depan mata. Seluruh negara ASEAN akan mencanangkan sistem pasar bebas yang berupa barang dan jasa.

“Kita dituntut untuk bersaing kompetitif dari negara lain, untuk mencari lapangan pekerjaan. Semua itu membutuhkan skill dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas,” tuturnya.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis diharapkan bisa menghasilkan SDM yang siap di dunia usaha atau berwirausaha. Lebih lanjut, ia menerangkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dibentuk untuk merespon kebutuhan masyarkat akan Sumber Daya Manusia di bidang ekonomi dan bisnis.

“Perubahan ini memberikan kepastian dan mempertegas para mahasiswa dan alumni bahwa FEB Unsera tidak hanya paham dan menguasai ekonomi makro dan mikro. Melainkan menghasilkan lulusan kompetensi bidang bisnis meliputi pemasaran, manajemen keuangan, advokasi perpajakan, manajemen perbankan, manajemen SDM, entrpreneur dan lainnya,” terangnya.

Diharapakannya, lulusan dari FEB membuka usaha sendiri, dengan berbekal ilmu untuk mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Karena, FEB Unsera bertujuan memberikan wawasan terharap masyarakat agar siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. (Anton Sitompul/antonsutompul1504@gmail.com).

BAGIKAN