SERANG – Kepala Kesbangpol Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan, setiap tahunnya, pertumbuhan masyarakat di kota Serang mencapai 6% karena banyaknya masyarakat di luar Kota Serang masuk dan menetap. Menurutnya, urbanisasi ini bisa rentan masalah kerukunan. “Dan ini sangat rentan munculnya masalah kerukunan,” ungkap Yudi saat ditemui radarbanten.com di sela- sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat tingkat Kota Serang di aula Hotel Flamengo Serang, Selasa (10/3/2015).

Sejauh ini kerukunan masyarakat KSerang masih sangat baik dan kondusif, namun bukan berarti pemerintah bebas tidak melakukan pengawasan dan upaya pencegahan. Banyaknya masyarakat urban yang datang dari berbagai wilayah dengan berbagai karakter bisa memicu masalah kerukunan. Oleh karena itu upaya pencegahan harus tetap dilaksanakan.
“Dan acara sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat seperti ini merupakan salah satu dari sekian banyak upaya,” ungkap Yudi.

Yudi menambahkan, dalam acara ini pihaknya mengundang Kepala Kemenag Kota Serang KH Bazyari Syam, tokoh masyarakat Embay Mulya Syarif, dan perwakilan masyarakat sari setiap kecamatan yang ada di Kota Serang.
“Masyarakat yang diundang sekitar 100 orang, yang hadir sekitar 90 persen dari undangan. Kami berharap dari perwakilan tersebut bisa menyampaikan inti dan pesan dari acara ini ke masyarakat yang lebih luas,” tambah Yudi.(Bayu)