SERANG – Ruang permohonan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Mapolres Serang pasca Idul Fitri dipadati pengunjung. Pembuatan SKCK mengalami lonjakan hingga mencapai 100 persen lebih. Para pemohon SKCK mayoritas untuk melamar pekerjaan.

“Informasi yang di dapat, setelah Lebaran beberapa industri di wilayah Serang Timur mulai membuka penerimaan karyawan,” kata Yudi Sulistyo (21), warga Komplek Ciceri Indah, Kota Serang yang tengah mengurus pembuatan SKCk di Mapolres Serang, Senin (27/7/2015).

Selain untuk melamar pekerjaan, beberapa diantaranya ada juga untuk keperluan melanjutkan sekolah. “Kalau saya untuk melengkapi berkas melanjutkan sekolah. Dari pada harus balik lagi mendingan saya buat SKCK sekarang,” ujar Ernawati, siswi asal Kota Serang yang mengaku akan melanjutkan kuliah ke Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Perwira Urusan Administrasi (Paurmin) Satuan Intelkam Polres Serang Ipda Suyatno, mengatakan lonjakan pemohon SKCK dinilai wajar karena seluruh warga sudah kembali dari mudik Lebaran dan mulai melaksanakan aktifitasnya masing-masing. “Kalau minggu kemarin, baru pegawai saja yang balik. Mulai hari ini semuanya sudah kembali,” kata Suyatno.

Dikatakan Suyatno, pemohon SKCK didominasi untuk kelengkapan persyaratan melamar pekerjaan, meski juga ada yang mengurus SKCK untuk keperluan melanjutkan pendidikan. Pada hari-hari biasa, kata Suyatno, setiap hari rata-rata Polres Serang melayani sekitar 50 pemohon SKCK. Namun pasca Lebaran ini menonjak melebihi angka 100 pemohon. “Sudah termasuk perpanjangan tapi mayoritas adalah pemohon baru,” jelasnya.
(Wahyudin)