Vardy dan Sturridge Bawa Inggris Menang atas Wales

Jamie Vardy saat merayakan golnya ke gawang Wales. (Twitter: @UEFAEuro)
Jamie Vardy saat merayakan golnya ke gawang Wales. (Twitter: @UEFAEuro)

INGGRIS sukses meraih kemenangan perdana di Euro 2016 setelah mengandaskan Wales di Stade Bollaert-Delelis, Kamis (16/6).

Jamie Vardy dan Daniel Sturridge yang masuk sebagai pemain pengganti sukses menjadi pahlawan kemenangan The Three Lions.

Memulai pertandingan. Inggris langsung tancap gas. Bahkan, mereka hampir membuka keunggulan pada menit ke-7.

Adam Lallana menyisir sisi kanan lapangan untuk melepas umpan silang. Bola berhasil diambil Raheem Sterling yang menunggu kotak penalti, namun sodoran yang dilakukan pemain Manchester City itu masih melambung di atas gawang kiper Wales, Wayne Hennessey.

Dua menit berselang, giliran Gareth Bale yang mengancam. Penetrasinya dari sisi kirim diakhiri dengan tendangan keras. Namun sayang, sepakannya masih bisa diblok oleh Gary Cahil.

The Three Lions kembali mendapatkan peluang pada menit ke-22. Kali ini melalui Hary Kane. Tetapi, eksekusi tendangan bebasnya masih melambung jauh di atas mistar gawang Wales yang dikawal Wayne Hennessey.

Wales akhirnya mampu membuka keunggulan melalui bintangnya, Gareth Bale. Pada menit ke-42, bintang Real Madrid ini sukses melepaskan tendangan bebas yang manis dari jarak cukup jauh. Wales unggul 1-0 di babak pertama.

Gol tersebut sekaligus menutup paruh pertama. Hingga turun minum, skor 1-0 untuk keunggulan Wales bertahan.

Memasukki paruh kedua, Pelatih Inggris, Roy Hodgson, mencoba menambah daya gedor lini depannya. Dia memasukkan dua penyerang sekaligus, yakni Jamie Vardy dan Daniel Sturridge.

Hasilnya cukup terasa, lini depan Inggris jauh lebih hidup pada babak kedua ini. Beberapa kali, Wayne Rooney cs mengancam gawang Wayne Hennessey.

Alhasil, baru 11 menit di lapangan, Vardy sukses menyamakan kedudukan. Dia sukses memanfaatkan kemelut di muka gawang Wales dan mencatatkan namanya di papan skor.

Usai gol tersebut, pertandingan berlangsung cukup seru. Inggris yang sebelumnya menunggu, mulai keluar ambil alih penyerangan.

Pada menit ke-58, mereka nyaris membalikkan kedudukan melalui Adam Lallana. Namun, percobaannya dari luar kotak penalti berhasil diblok oleh Sean Davies.

Empat menit berselang, giliran Sturridge yang memperoleh peluang. Sayang, tembakan kerasnya masih bisa diblok oleh Taylor. The Three Lions semakin meningkatkan intensitas serangan. Wales tampak kewalahan.

Pada menit ke-78, giliran Rooney yang mendapatkan peluang matang. Lagi-lagi, usahanya masih sanggup diadang oleh barisan pertahanan Wales.

Memasukki 10 menit terakhir, kedua tim terus mencoba mencari gol. Inggris lebih bernafsu mencari kemenangan perdananya di Euro 2016.

Pada menit ke-85 Sturridge kembali mengancam. Namun, lagi-lagi, sepakannya masih tak berbuah manis. Skor 1-1 tak berubah.

Dirasa laga bakal berakhir imbang 1-1, Sturridge sukses menyamakan kedudukan pada masa injury time. Melalui kerja sama apiknya dengan Delle Alli, pemain Liverpool ini sukses membalikkan keunggulan.

Gol itu sekaligus mengakhiri pertandingan. Inggris sukses meraih kemanangan perdanan di Euro 2016. (ies/JPG)

Susunan Pemain:

Inggris (4-3-3): Hart; Walker,Cahill,Smalling,Rose;Alli, Dier, Rooney, Lallana (Rashford 73′), Kane (Jamie Vardy 46′), Sterling (Daniel Sturridge 46′)

Wales (5-3-2): Hennessey;Gunter,Chester, Williams,Davies, Taylor; Ramsey, Allen, Ledley (Edwads 67′); Robson Kanu (Williams 72′), Bale