SERANG – Petugas rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Serang berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba di dalam rutan tersebut. Kali ini petugas rutan mendapati narkoba yang diduga kuat jenis sabu yang sudah dikemas rapi menggunakan bekas sedotan plastik dan disumpalkan ke dalam sayur tahu.

Kejadian ini bermula Selasa (2/6/2015) sekira pukul 16.00 WIB, saat seorang perempuan yang menyamar sebagai salah satu kerabat tahanan berusaha menjenguk salah satu tahanan berinisial SA. Pelaku membawa satu rantang ketupat dengan sayur tahu untuk diberikan kepada SA.

“Di pos 1 lolos. Baru saat di petugas kami yang berjaga pada Portir 2 mendapati makanan yang dibawa perempuan ini. Ketika memeriksa tahu sayur, ternyata di dalamnya terdapat benda aneh. Ada dua benda aneh yang dimasukan ke dalam tahu,” jelas Kepala Rutan Kelas II B Serang Prihartati kepada wartawan saat ekspose kasus tersebut di Rutan Serang, Rabu (3/6/2015).

Menurut Karutan, benda tersebut diindikasikan kuat sebagai narkoba jenis sabu. Mendapati hal itu, petugas kemudian bergerak cepat dengan memberikan titipan makanan tersebut kepada SA. Setelah petugas memberikan makanan kepada SA, ternyata orang yang menunggu titipan sebenarnya adalah DP.

“DP yang langsung mengambil titipan itu. SA hanya dijadikan alasan saja. Orang yang diindikasikan kuat menunggu titipan itu sebenarnya DP,” jelasnya. Dikatakan Prihartati, indikasi titipan itu untuk DP karena DP merupakan tahanan kasus narkoba. Sementara AS adalah tahanan kasus pidana yang lain.

Sementara itu, pelaku yang mengirimkan makanan tersebut masih dalam penyelidikan. “Tapi kami punya gambarnya,” pungkasnya.(Wahyudin)