SERANG – Warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Serang banyak yang tidak mengenal calon anggota legislatif (caleg) yang akan maju dalam Pemilu 9 April 2014 mendatang. Mereka umumnya berasal dari luar wilayah Serang. Hampir 90 persen mereka bukan penduduk Serang dan tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Serang.

Ketua Divisi Sosialisasi Fiely Murdliat Mabruri mengatakan, pengetahuan mereka terhadap caleg sangat kurang. “Mereka umumnya hanya mengenal partai politik, namun tidak memiliki akses informasi terhadap para caleg,” ungkap Fierly usai memberikan sosialisasi di Lapas kelas IIA Serang, Jalan Raya Pandeglang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Selasa (25/3/2014).

Hal ini ditambah kebijakan Lapas yang tidak memperbolehkan caleg untuk memasuki lapas untuk melakukan sosialisasi dan kampanye. “Caleg tidak boleh masuk lapas. Pernah kita ada laporan ada salah satu timses masuk LP,” terangnya.

Mengenai tingkat partisipasi pemilih di Lapas sendiri, Fierly optimistis pemilih di Lapas akan tinggi. “Warga binaan biasanya lebih rajin dan disiplin,” harapnya. (Wahyudin)