Xiaomi Mi A1

JAKARTA – Kabar baik bagi penggemar smartphone Xiaomi di Indonesia. Pasalnya  produsen asal Cina akan memboyong ponsel Android One (Mi A1) pertama ke tanah air.

Salah satu fitur yang paling diunggulkan Mi A1 terletak pada kamera ganda. Xiaomi membenamkan kemampuan 12 MP di kedua kameranya, dengan konfigurasi wide dan tele.

Namun, konfigurasi tersebut bukan yang pertama kalinya di Mi A1. Sebelumnya Xiaomi telah mengimplementasikan di Mi 6. Meski demikian produsen asal Cina ini sesumbar kalau Mi A1 hadir dengan algoritma yang lebih baik, terutama untuk menghasilkan efek yang lebih proporsional.

Di sisi lain, kelebihan ponsel ini juga terletak di sistem operasinya. Sesuai peruntukannya sebagai ponsel Android One, Mi A1 hadir dengan OS Android versi polos yang digarap. Hasilnya, ponsel ini seharusnya punya sensasi penggunaan yang lebih enteng lantaran OS yang digunakan tak dibebani aplikasi bawaan yang tak perlu. Belum lagi Google juga menjanjikan ponsel ini akan masuk dalam deretan ponsel pertama yang kebagian update ketika muncul.

Sementara itu, beralih ke spesifikasi, prosesor Snapdragon 625 yang dikenal dengan efisiensi daya terbaik dan performa ideal dipercaya sebagai pusat komputasinya. Xiaomi memadukannya dengan RAM 4 GB dan 64 GB. Sedangkan bentang layarnya mengusung ukuran 5,5 inci, dengan resolusi full HD (1.920 x 1.080 pixel). Sebagai pasokan dayanya, baterai 3.080 mAh diselipkan di balik bodi metalnya. Termasuk fitur pemindai sidik jari yang ditempatkan di bodi belakang.

Director of Product Management & Marketing Xiaomi Global, Donovan Sung mengatakan, Mi Ai ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, gold, dan pink. ”Smartphone ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni Rp3.099.000. Mi A1 juga sudah bisa didapatkan via Lazada mulai 2 Oktober mendatang, dan menyusul gerai-gerai di Erajaya pada 6 Oktober,” kata Donovan Sung, Director of Product Management & Marketing Xiaomi Global, di Jakarta, Rabu (20/9) lalu. (NET/ADE M/RBG)