XL Mulai Siapkan Layanan 4.5G

0
7741
Rahmadi Mulyohartono

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL) terus memaksimalkan teknologi jaringan yang dimiliki untuk meningkatkan kualitas layanan internet cepat. Sambil terus memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, XL kini juga mulai mempersiapkan layanan 4.5G. Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik.

“Secara teknologi, kami sudah siap untuk mulai menyediakan layanan 4.5G. Salah satu indikasinya adalah kami saat ini telah menerapkan teknologi 4T4R, yang sebenarnya merupakan teknologi versi advance dari 4G. Sejauh ini baru XL yang menerapkan 4T4R, yang bisa dianalogikan sebagai jalan tol-nya jaringan 4G. Target kami, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan,” kata Vice President LTE XL Rahmadi Mulyohartono kepada Radar Banten Online melalui siaran pers, Rabu (7/9).

Dibandingkan 4G, teknologi 4.5G sendiri secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya. Rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

Rahmadi menjelaskan, teknologi “4T4R” merupakan pengembangan dari versi “2T2R”. Secara teknis, cara kerja teknologi 4T4R menggunakan kombinasi multi-signal, yaitu secara bersamaan mengkombinasikan 4 sinyal transmit dan 4 sinyal receive. Dengan demikian, teknologi ini memungkinkan pengiriman data berkapasitas besar dengan kecepatan hingga 210 Mbps dengan bandwidth 15 MHz. “Jadi, selain kecepatan, juga akan diperoleh kestabilan koneksi internet yang lebih baik juga,” katanya.

Dengan penerapan teknologi ini, menurutnya, XL berarti sudah siap melangkah lebih maju ke implementasi 4.5G. Kesiapan yang dimiliki XL lainnya antara lain berupa telah ditingkatkannya kapasitas frekuensi untuk layanan 4G menjadi 15MHz, yang tak lama lagi juga akan ditingkatkan lagi menjadi 20MHz. Teknologi 4T4R saat ini sudah diterapkan di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar, dan akan terus dikembangkan ke kota-kota lainnya.

Saat ini, pelanggan XL di 86 kota di berbagai daerah telah dapat menikmati layanan 4G LTE. Layanan internet cepat tersebut ditopang antara lain oleh lebih dari 6.500 unit BTS 4G LTE. Jumlah BTS khusus 4G ini adalah yang terbanyak di antara operator 4G GSM. Instalasi BTS 4G oleh XL ini masih akan terus berlangsung, bukan hanya dalam perluasan wilayah layanan, namun juga untuk peningkatan kualitas. Tidak ketinggalan, XL juga menginstalasi perangkat pemancar High Capacity SmallCell di dalam gedung-gedung di kota-kota 4G untuk meningkatkan kualitas layanan di dalam ruangan. Itu semua disesuaikan dengan terus meningkatnya jumlah pelanggan di setiap area, dan dimanfaatkannya layanan 4G untuk mendukung berbagai aktivitas pelanggan. Hingga Agustus 2016, jumlah pelanggan 4G mencapai sekitar 8 juta pelanggan.

Beberapa kota yang baru saja mendapatkan layanan internet cepat XL 4G LTE adalah antara lain Kabupaten Karawang, Kota Cilegon, Kabupaten dan Kota Serang, Kabupate Pandeglang, Kabupaten Lebak, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Batu. (Aas)