XL Punya Program 1.000 Sekolah Broadband

GIANYAR – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senin (8/5), menjalin kerja sama mewujudkan program 1.000 Sekolah Broadband.

Program tersebut merupakan bentuk nyata dukungan XL Axiata untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan akses internet cepat dan teknologi digital.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, kesepakatan bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, akan sangat mambantu dalam memetakan sekolah-sekolah yang perlu diprioritaskan untuk menyalurkan donasi. “Dalam memilih sekolah-sekolah ini, kami harus cermat mengingat ada banyak sekali sekolah yang pasti membutuhkan fasilitas internet cepat. Harapan kami, program ini akan bisa membantu pemerintah meningkatan kualitas pendidikan di berbagai daerah melalui pemanfaatan internet cepat secara efektif dan tepat guna, serta mengakses ilmu pengetahuan yang bisa meningkatkan wawasan pelajar,” kata Dian.

“Kami memberikan apresiasi atas inisiatif yang dibangun oleh XL Axiata melalui Program 1.000 Sekolah Broadband. Program ini sangat sesuai dengan salah satu agenda dari kementerian yang sedang berusaha memeratakan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat dasar dan menengah. Berharap program ini sekaligus akan mampu mengurangi kesenjangan atas penerapan teknologi digital oleh sekolah-sekolah di daerah dan di kota-kota besar, termasuk juga kesenjangan dibandingkan dengan sekolah di luar negeri,” ungkap Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad.

Melalui kerja sama ini, selanjutnya XL Axiata akan mendapatkan bantuan antara lain berupa data sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna penyaluran donasi perangkat mobile broadband (MBB) untuk mengakses internet cepat 4G LTE.

Lebih dari itu, XL Axiata juga akan mendapatkan dukungan moral dari pemerintah untuk mewujudkan komitmen memfasilitasi akses ke jaringan internet dengan sarana yang lebih canggih.

Sementara itu, saat ini XL Axiata telah menyalurkan bantuan akses internet cepat 4G LTE ke sekitar 100 sekolah di 30 kabupaten kota, dan 15 provinsi. Dengan demikian, setidaknya sudah sekitar 5.000 siswa yang mendapatkan manfaat dari program ini.

Donasi Program 1.000 Sekolah Broadband telah XL Axiata salurkan ke kota-kota antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Lampung, Batam, Belitung, Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, Tangerang, Serang, Bandung, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Surakarta, Surabaya, Malang, Sumenep, Bali, Lombok, Banjarmasin, Pontianak, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Manado. Program ini akan terus berlanjut ke kota dan kabupaten lainnya seiring dengan pengembangan jaringan 4G LTE secara masif ke berbagai wilayah di tanah air. (Ade M)

BAGIKAN