Zetizen Icon Radar Banten 2k17, Its About Your World

0
9660
20 Peserta Zetizen Icon Radar Banten 2k17 yang melaju ke Meet the Judges sesion 2.

Hai Gen Z Banten, dalam rangka memperingati first anniversary-nya Zetizen. Zetizen mengadakan kegiatan Zetcon 2k17 yang bertujuan mencari Duta Zetizen Banten. Pendaftaran yang sudah dibuka dari 6 Februari ini sudah berakhir pada 10 Maret lalu, jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan ini ada 166 orang. Audisi Zcon ini berlangsung melalui tiga tahap yakni pertama tes tulis, kedua interview, dan ketiga unjuk bakat. Selanjutnya photo session. Audisi ini berlangsung Minggu, 12 Maret 2017 di Gedung Graha Pena Radar Banten. Penasaran bagaimana keseruannya? Yuk simak.

Peserta yang hadir untuk mengikuti audisi ada 115. Pukul 07.30 WIB para peserta sudah mulai registrasi ulang sekaligus pengambilan nomor urut peserta hingga pukul 08.00. Kemudian dilanjutkan dengan penyisihan tahap pertama yakni tes tulis. Soal untuk tes tulis ini ada 30 soal berbentuk pilihan ganda dan isinya like a piece of cake, ini bertujuan supaya Sobat Z yang mengikuti tes tidak seperti sedang menghadapi UN. Selesai tes tulis seluruh peserta dikenalkan dengan ke enam judges, lalu foto bersama.

After finished, penyeleksian dilanjut ke tahap kedua dan ketiga yaitu interview dan unjuk bakat. One participant faces two judges, di sini peserta masuk ke satu ruangan yang berisikan dua juri untuk menunjukkan bakat yang mereka miliki ada yang menyanyi, baca puisi, menari, silat hingga debus. Kemudian para peserta disuruh berpose bebas untuk diambil fotonya. Setelah berfoto dan mengambil sertifikat peserta diperbolehkan pulang.

“Menurut saya acara ini bagus untuk anak-anak yang punya talenta, karena mereka bisa mengembangkan. Di acara ini juga tidak ada persyaratan fisik jadi semua orang bisa ikut hanya usia saja yang membatasi dan itu hal yang bagus. Motivasi saya ikut acara ini saya ingin mencari pengalaman karena ini pertama kalinya saya mengikuti kegiatan duta seperti ini,” kata Ayi Nur Hayati, SMK Bismillah saat diwawancara langsung di sela-sela waktu menunggu.

“Acaranya seru banget, positif juga buat anak muda. Bisa menginspirasi untuk bisa menjadi anak muda yang berkarya. Acara seperti ini bisa nambahin pengalaman, wawasan, teman juga,” tutur dia.

Dari 115 peserta yang hadir pada audisi in akan diambil 20 anak muda yang paling mewakili anak muda Banten dan punya talenta segudang, jiwa sosial yang tinggi, and the last but not least fashionable. Sebanyak 20 besar ini akan diumumkan by all social media Zetizen such as Path, Facebook, Instagram, Twitter, and not forget in our platform at koran Radar Banten.

Selanjutanya 20 finalis akan kembali menghadapi juri pada Minggu (19/3) untuk mengikuti seleksi menuju 10 besar. “Awalnya kami memang menggunakan konsep langsung ambil 10 peserta untuk diberikan pembekalan sebagai finalis. Namun karena banyaknya talenta yang masuk, dan kami merasa sangat sayang jika tidak mengadakan seleksi tahap dua, akhirnya kami memilih 20 besar untuk diberi kesempatan menghadapi tujuh juri sekaligus. Lalu baru diambil 10 besar,” jelas Hilal Ahmad, Supervisor Zetizen Radar Banten.

Komentar Judges

Audisi Zet Icon 2K17 berlangsung meriah. Total 115 peserta hadir memadati Graha Pena Radar Banten, pada Minggu (12/3). Total formulir yang masuk mencapai 166 buah. Kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan first anniversary Zetizen Radar Banten.

Para juri yang memiliki kompetensi tinggi dihadirkan sebagai penilai kemampuan masing-masing peserta. Setelah melalui tahapan tes pengetahuan umum, peserta dibagi ke dalam tiga ruangan. Peserta akan menghadapi dua orang juri saat sesi interview dan unjuk bakat. Well, bagaimana tanggapan juri? Mari kita intip.

Setiawan Chogah dan Susi Kurniawati Nuril mengisi plot juri ruang satu. Chogah menginginkan peserta yang mampu menginspirasi orang lain.

“Selain segudang prestasi, saya berharap peserta mampu menunjukan sisi sosialnya dan tidak egois. Selama audisi tadi, ada hal unik yakni peserta laki-laki yang mampu menari dengan lincah, itu jadi keunikan tersendiri,” ujar Manajer Fundrising dan Komunikasi Dompet Dhuafa Banten ini.

Senada dengan Chogah, Susi pun mengharapkan icon punya sisi kepedulian sosial dan bermanfaat bagi orang lain. “Kami memang mencari peserta yang tidak hanya berprestasi dan berkomunikasi dengan baik, pun mencari icon anak muda inspiratif dan multtalent serta berkegiatan sosial. Apa yang mereka punya itu bukan untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk orang lain, sebab sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaaat bagi orang lain, hal itu selaras dengan misi Zetizen,” ujar young entrepreneurs sekaligus reporter bisnis Radar Banten ini di akhir kegiatan audisi.

Di ruang dua, Gayuh Permadi dan Erliana menjadi ‘lawan main’ peserta. Menurut Gayuh, secara keseluruhan performance peserta baik. “Kami menilai peserta yang punya potensi yang bisa dieksplor dan dikembangkan lagi. Kami mencari peserta dengan complete package, memenuhi kriteria penilaian dan good attitude,” ungkap broadcaster sekaligus dan penulis ini. Partener Gayuh, Erliana mengharapkan icon yang aware terhadap membaca, khususnya membaca koran.

“Zet Icon ini akan menjadi contoh bagi anak muda lainnya. Saya terkesan kepada seluruh peserta, antusiasnya sangat tinggi, peserta memang ingin show off kemampuan yang dimiliki,” kata Leader Team Customer Service XL Centre Cilegon ini.

Lantai lima gedung Graha Pena Radar Banten menjadi tempat audisi ruang tiga. Dengan Asep Mulyadi alias Kang Asep dan Ramdhani Noor Rahman Malik sebagai juri. Kang Asep menginginkan juri dengan paket lengkap.

“Selain good looking dan multitalent, kami mencari peserta yang juga punya kepedulian sosial tinggi, peka terhadap lingkungan dan kebudayaan di Banten khususnya. Setiap peserta mempunyai kelebiihan maupun kekurangannya masing-masing, kita tidak mencari yang sempurna, tetapi minimal mendekati kriteria,” ujar owner Balada Batik Banten ini.

Ramdhan, IT Manager Marbella Hotel Anyer mengamini pernyataan Kang Asep, ia berharap muncul bakat muda baru dan berkegiatan positif di bidang ambassador. “Dengan mengikuti ausisi semacam ini, mereka lebih kuat secara mental, lebih siap berhadapan dengan publik, memiliki banyak link dari hasil audisi ini. Overall puas dengan apa yang ditunjukkan peserta, karena mungkin banyak peserta dengan persiapannya matang, dilihat dari materi yang mereka bawakan. Semoga muncul icon baru.

Tahap selanjutnya, 20 Kontestan melaju ke Meet the Judges sesion 2 pada Minggu, 19 Maret 2017 pukul 13.30 WIB di Graha Pena Radar Banten. Mereka memperebutkan slot 10 selempang finalis Zetizen Icon untuk mengikuti pembekalan dan malam grand final penganugerahan pemenang. (riza-hellen zetizen/zee)