1.008 pasutri kibarkan Bendera Merah Putih.

TANGERANG – Sebanyak 1.008 pasangan suami istri membukukan rekor MURI sebagai pengibar Bendera Merah Putih terbanyak, di Lapangan Kecamatan Pondokaren, Kota Tangerang Selatan, Minggu (14/8) pagi. Kegiatan yang diinisiasi oleh Komunitas Pembela Kebangsaan (Kompak) Banten ini juga diikuti oleh ribuan warga Kota Tangerang Selatan.

Ketua Kompak Banten Meidi H mengatakan angka 1.008 pengibaran bendera itu, secara filosofis untuk menemukan angka 2016. “Ada 1.008 bendera yang dikibarkan oleh sepasang suami istri, jadinya ya 2.016 pengibar. Angka yang menggambarkan tahun ini,” jelasnya.

Meidi mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia. “Jadi juga sekalian menanamkan rasa kebangsaan kepada generasi penerus. Anda bisa lihat kan tadi, pengibaran bendera tadi juga kan diikuti oleh anak-anak peserta pengibar,” jelasnya.

Sekitar pukul 10 pagi, pengibaran 1.008 Bendera Merah Putih dilaksanakan dengan iringan lagu kebangsaan.

Usai itu, petugas dari Museum Rekor Indonesia (MURI), menyatakan apa yang dilakukan oleh ribuan orang tersebut sebagai “Rekor terbanyak Pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan oleh suami istri.” (RB)