1.101 Peserta Bersaing di Pospeda Banten VI

SERANG – Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Daerah (Pospeda) Banten VI, resmi dibuka oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Senin (14/10). Sedikitnya 1.101 peserta turut ambil bagian pada kejuaraan yang digelar setiap dua tahun sekali itu.

Pada Pospeda Banten VI tersebut, ada enam cabang olahraga (cabor) dan sembilan kesenian yang dipertandingkan. Masing-masing cabor yaitu atletik, pencak silat, bola voly, futsal, senam santri, dan hadang. Kemudian untuk seni, yaitu kaligrafi islam, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Indonesia, seni lukis islami, seni kriya, seni hadrah, cipta baca puisi, dan stand up comedy.

“Kita berharap santri membangun prestasi di bidang olahraga. Bertemu, membangun sportivitas, dan silaturahmi antara santri antar pondok pesantren. Di ajang mempertemukan mereka ini,” kata Gubernur Banten Wahidin Halim, di halaman Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Kota Serang.

Sementara itu, Ketua Panitia Pospeda Banten VI, Toton Suriawinata mengatakan, Pospeda Banten diikuti oleh kontingen dari delapan kabupaten dan kota di Banten. Dari Lebak 149 peserta, Pandeglang 129 peserta, Kabupaten Serang 136 peserta, Kota Serang 143 peserta, Kabupaten Tangerang 163 peserta, Kota Cilegon 96 peserta, Kota Tangerang 141 peserta, dan Tangerang Selatan 144 peserta.

“Kita berharap Pospeda Banten ini berjalan lancar, dan muncul juara – juara yang berprestasi untuk kedepannya. Pospeda Banten ini juga sebagai persiapan Banten menghadapi Pospenas bulan depan,” jelas Toton. (Riko Budi Santoso)