1.200 Ekor Sapi Di Lebak Wajib Bunting

LEBAK – Dinas Peternakan Kabupaten Lebak tahun 2018 menargetkan 1.200 ekor sapi wajib bunting. Program tersebut merupakan Kementerian Peternakan untuk memenuhi sapi potong dalam negeri melalui pengembangan bibit sapi yang sudah ada, yaitu program Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab).

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Lebak Iman Santoso mengatakan, petugas sudah mulai bergerak untuk melakukan identifikasi dan melakukan pemeriksaan pada seluruh sapi yang ada di wilayah Lebak. Selanjutnya akan dilakukan pengelompokan, sapi yang sudah bunting dan sapi yang normal serta sapi normal tapi kurus.

“Tentunya, untuk sapi normal akan dilakukan inseminasi buatan (IB) dan untuk sapi normal tapi kurus akan dilakukan perbaikan pakan berupa konsentrat sebanyak dua kilogram sehari per ekor sapinya selama seratus hari,” ujarnya saat dihubungi Radar Banten, Senin (26/2).

Menurutnya, jika ada sapi yang mengalami masalah dalam reproduksi tentunya akan dilakukan pengobatan. Kalau sapi normal tapi kurus tersebut biasanya mengalami hipofungsi atau ovarium yang tidak berfungsi dengan baik, namun untuk sampai bunting akan diusahakan sampai sapi tersebut mencapai berat ideal.

Iman menjelaskan, dirinya belum bisa memberikan data sapi yang sudah dilakukan Siwab melalui inseminasi buatan (IB) maupun intensifikasi kawin alam.

“Ya saya belum bisa berikan data tersebut, namun dalam laporan setiap hari, program tersebut berjalan cukup baik. Saya harap target 1.200 ekor sapi untuk Siwab diakhir tahun dapat tercapai,” katanya. (Omat/twokhe@gmail.com).