1.290 Pengurus Masjid dan Pemandi Jenazah di Kota Cilegon Mendapatkan Santunan

0
477 views

CILEGON – Sebanyak 1.290 pengurus masjid dan pemandi jenazah di Kota Cilegon mendapatkan santunan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Cilegon sebesar Rp. 350.000 per orangnya.

Kepala Sektetariat Baznas Kota Cilegon mengatakan pemberian uang santunan diberikan setiap enam bulan sekali. Setiap kelurahannya terdapat 15 pemandi jenazah dan 15 pengurus masjid. “Dana ini adalah dana yang terkumpul dari para zakat para PNS di lingkungan Pemkot Cilegon yang di potong 2,5 persen pertahun. Kalau kami hanya menyalurkan saja,” ujarnya Rabu (28/12).

Sementara itu, Ketua Baznas Cilegon Samsul Rizal mengaku penerimaan zakat yang terkumpul di Baznaz Cilegon sebagain besar dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Sedangkan dari industri di Kota Cilegon terbilang tidak ada. “Hanya dari Industri yang belum. Karena mungkin mereka memiliki lembaga amil zakat lain. Seperti di KS kan ada Baitul Mal, jadi mereka bayar kesana,” katanya.

Dijelaskan Samsul, Baznas merupakan salah satu lembaga resmi yang diakui pemerintah dalam penyaluran zakat. Semestinya pengelolaan zakat berada disatu pintu yaitu Baznas. “Seharusnya kalau semua industri bayar ke kita bagus. Kita sudah sering bikin surat ke industri-industri tapi tanggapannya belum positif. Masih butuh sosialisasi,” ucapnya.

Ia mengaku akan mengajukan usulan ke DPRD Cilegon untuk pembuatan Perda penyaluran zakat secara satu pintu dari Baznas Cilegon. “Taget kita di ditahun 2017 Rp. 7 Milyar Zakat dari sektor ASN saja. Nembus Industri belum, karena cukup sulit,” pungkasnya. (Riko)