10 Makanan yang Bisa Turunkan Tekanan Darah Tinggi

MENJAGA dan membatasi asupan garam merupakan salah satu langkah penting untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi.

Namun ini bukanlah satu-satunya hal yang bisa dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Sulit untuk mengetahui seseorang terkena hipertensi tanpa mengukur tekanan darah.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa turunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman Care2.

1. Berries

Buah ini mengandung flavonoid yang membantu mencegah tekanan darah tinggi. Namun, perhatikan bahwa berry bisa mengandung residu pestisida yang tinggi, jadi lebih aman untuk membeli yang organik.

2. Cokelat Hitam

Penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate yang mengandung 50 hingga 70 persen cocoa benar-benar bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda.

3. Mangga

Mangga mengandung beta-karoten, yang menurunkan tekanan darah. Mangga juga menawarkan banyak manfaat kesehatan lainnya.

4. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan yang harus Anda makan setiap hari. Menurut American Heart Association, pisang mengatur tekanan darah karena kadar potasiumnya yang tinggi.

5. Semangka

Peneliti di Florida State University mengatakan bahwa buah ini bisa mencegah hipertensi, berkat senyawa yang disebut L-citrulline.

Para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi L-citrulline dalam bentuk pil sintetis bisa membantu menurunkan tekanan darah.

6. Pomegranate

Minum satu cangkir jus buah delima hanya selama empat minggu bisa menurunkan tekanan darah Anda.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung potasium dan magnesium, dua nutrisi yang penting untuk mengatur tekanan darah.

Akar manis ini juga merupakan sumber serat yang baik, yang menurunkan gula darah dan membuat kita kenyang lebih lama.

8. Alpukat

Alpukat mengandung potasium dan magnesium. Plus, alpukat dimuat dengan vitamin A, B, E dan K.

9. Jus Bit

Jus bit menurunkan tekanan darah, berkat kandungan nitrit oksida. Senyawa ini melemaskan dan memperluas pembuluh darah, yang sebagai imbalannya meningkatkan aliran darah.

Studi ini menemukan bahwa minum 250 ml jus bit setiap hari menurunkan tekanan darah dalam waktu empat minggu.

10. Wortel

Wortel adalah salah satu camilan terbaik untuk gigi manis, karena keduanya manis dan rendah kalori.

Ternyata mereka juga bisa menurunkan tekanan darah Anda. Wortel mengandung beta-karoten dan kalium, keduanya telah terbukti bisa mengendalikan tekanan darah. (fny/jpnn)