Ilustasi

Nanas dikenal masyarakat sebagai salah satu buah yang ada di dalam rujak. Selain segar, buah nanas ternyata juga banyak mengandung manfaat kesehatan. Nanas merupakan buah ajaib yang dapat berfungsi sebagai obat.

Nanas bisa meningkatkan kesehatan pernapasan, meredakan batuk dan pilek, meningkatkan fungsi pencernaan, membantu dalam penurunan berat badan, memperkuat tulang, serta meningkatkan kesehatan mulut dan mata. Buah ini adalah gudang nutrisi yang kaya mineral seperti kalium, tembaga, mangan, dan vitamin C, beta-karoten, thiamin, vitamin B6, folat serta serat larut dan tidak larut, dan bromelain. Boldsky, Senin (20/3) melansir sepuluh manfaat ajaib nanas.

1. Pencegah Arthritis

Mengonsumsi nanas setiap hari dapat mengurangi inflamasi pada urat dan otot sehingga mencegah arthritis.

2. Daya Tahan Tubuh

Nanas diperkaya dengan vitamin C dan dapat mengurangi berbagai penyakit. Nanas dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menstimulasi sel darah putih. Nanas juga melawan patogen yang merusak.

3. Perkuat Jaringan

Kandungan vitamin C juga bisa menciptakan kolagen sehingga nanas baik sebagai buah yang memulihkan penyakit atau luka dan infeksi pada kulit.

4. Cegah Kanker

Nanas juga diperkaya dengan antioksidan yang melawan kanker. Beberapa mengandung vitamin A, beta-karoten, bromelain, dan mangan. Nanas mencegah kanker mulut, tenggorokan, dan payudara.

5. Memperbaiki Pencernaan

Nanas mengandung banyak serat. Makan buah nanas mencegah sembelit, diare, dan radang usus.

6. Cegah Batuk Pilek

Nanas juga mengandung enzim spesial yang bernama bromelain yang mengurangi penyebab radang tenggorokan pada sistem pernapasan.

7. Perkuat Tulang

Nanas juga mengandung mangan yang memperkuat tulang yang sedang tumbuh.

8. Kesehatan Mulut

Nanas juga menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi.

9. Kesehatan Mata

Nanas mengandung beta-karoten yang mempertahankan kesehatan mata dan gangguan penglihatan.

10. Turunkan Tekanan Darah

Nanas dapat menurunkan tekanan darah karena merupakan sumber potasium. Kandungan ini menghapus stres dan membuat tekanan darah kembali normal. (jpg/zee/ira)