10 Tahun Tak Dapat Perbaikan, Jalan Kapinango-Pagelaran Tinggal Tanah

0
98

PAGELARAN – Ruas Jalan Kapinango-Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, sepanjang tiga kilometer mengkhawatirkan. Kondisinya selain tinggal tanah, juga berlumpur. Penyebabnya, selain kurang perawatan, jalan tersebut juga hampir sepuluh tahun belum pernah mendapatkan perbaikan.

Kondisi itu membuat warga sekitar kecewa karena menghambat aktivitas mereka. “Kewalahan kalau melintasi jalan ini, apalagi kalau musim hujan karena banyak lumpurnya. Jika tidak tahu kondisi jalan ini pengendara bisa tergelincir,” kata warga Kapingano, Desa Kertasana, Andis Sutiadi kepada Radar Banten, Senin (2/10).

Adis meminta Pemkab Pandeglang agar dapat segera melakukan perbaikan jalan tersebut, agar warga setempat tidak terhambat akses perekonomiannya. “Di sini masyarakatnya mengandalkan hasil panen pertanian padi, kalau jalanya rusak dan berlumpur, pengiriman gabah akan terganggu,” katanya.

Andis menceritakan, kurang lebih sudah sepuluh tahun jalan tersebut tidak pernah mendapatkan perbaikan. “Sampai bosan kami melakukan pengurukan jalan terebut, tapi tidak tahan lama lantaran kondisinya rusak parah,” terangnya.

Ditemui di kantornya, Kepala Desa Kertasana Uhadi mengatakan, perbaikan ruas jalan itu sudah sering diajukan. Ia berjanji untuk kembali mengusulkan ke Pemkab agar tahun depan jalan itu dapat diperbaiki. “Alhamdulillah, kita tidak pernah bosan melakukan usulan perbaikan jalan itu. Hampir tiap tahun kami usulkan. Jika tahun depan tidak diperbaiki, kami akan mengusulkan kembali,” katanya.

Uhadi meyakinkan, jika Jalan Kapinango-Pagelaran bagus, perekonomian masyarakat setempat akan semakin meningkat. “Kami berharap ada kepastian bahwa perbaikan jalan itu akan dilakukan pada tahun depan,” katanya. (Herman/RBG)