11 Kepala OPD Kota Serang Dilantik, Syafrudin: Tidak Ada Titipan Saya dan Pak Wakil

SERANG – Walikota Serang Syafrudin melantik sebelas pejabat tinggi pratama di halaman Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Serang, Senin (5/8). Pelantikan ini untuk mengisi sebelas kekosongan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Serang.

Syafrudin mengatakan, pelantikan tersebut dari hasil open bidding yang dilakukan sebelumnya. Setelah ditentukan tiga nama besar yang disetujui Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dirinya memilih satu nama.

Pria yang mengawali kariernya sebagai ASN ini mengaku sempat bimbang saat memilih satu di antara tiga nama. Menurutnya, tiga nama yang dipilih Panita Seleksi (Pansel) adalah orang-orang terbaik. “Dilema, tapi saya harus pilih satu orang terbaik dari yang terbaik,” katanya usai pelantikan.

Karena sudah diberi amanat, Syafrudin mewanti-wanti kepada 11 nama tersebut untuk menjalankan amanah sebaik-baiknya. Bekerja secara profesional untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Ikhtiar sudah dilakukan, jangan sampai saat bekerja biasa-biasa saja,” cetus Syafrudin.

Didampingi Wakil Walikota Subadri Ushuludin, Syafrudin mengaku pemilihan 11 kepala OPD yang dilantik, dilakukan sesuai penilaian Pansel. Dia mengaku, tidak ikut intervensi apa pun sampai dipilih tiga nama. “Jadi tidak ada titipan saya atau pun pak wakil. Ini semua hasil kerja keras mereka mengikuti seleksi,” ujarnya.

Menurutnya, tugas sebagai kepala OPD tidak mudah. Apalagi seiring peningkatan kebutuhan masyatakat. Kendati demikian, tugas harus dijalankan secara optimal.

Selain itu, kepala OPD juga harus mampu menjadi teladan dan mengayomi aparatur yang ada di bawahnya. “Tugas ini bukan hak tapi kepercayaan pimpinan yang harus dijalankan dan dipertanggungjawabkan kelak. Ciptakan suasana kondusif di lingkungan kerja sehingga bisa mencapai hasil maksimal,” katanya. (Ken Supriyono)