11 SMP di Kota Serang Siap Laksanakan UN Online

0
646 views

SERANG – Untuk pertama kalinya, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri maupun Swasta di Kota Serang melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online atau UN Berbasis Komputer (UNBK). Tetapi dari 70 SMP Negeri maupun Swasta, hanya 11 SMP saja yang siap mengikuti pelaksanaan UN Online.

Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang Sartinah mengatakan, pada 2017, SMP di Kota Serang akan melaksanakan UN Online, walaupun hanya 11 sekolah saja yang menyatakan siap. “59 SMP lainnya, dikarenakan kekurangan sarana prasarana dan tidak memiliki SDM yang memadai,” kata Sartinah saat ditemui di kantornya, Kamis (12/1).

Lanjut Sartinah, 11 SMP yang akan melaksanakan UN Online, meminta bantuan kepada SMA/SMK di Kota Serang. Untuk dapat membantu dalam meminjamkan komputer dan ruangan ujian. “Supaya dalam pelaksanaan UN Online tingkat SMP di Kota Serang dapat berjalan lancar. Sehingga tahun depan pelaksanaan UN online tingkat SMP dapat diselenggarakan kembali,” ungkapnya.

Sartinah menjelaskan, dalam pelaksanaan UN online setiap sekolah diwajibkan memiliki 20 komputer dan 1 server. Apabila tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut, UN tak bisa dilaksanakan secara online. “Makanya 11 SMP yang sudah siap ini, telah memiliki komputer kurang lebih 40 (komputer) dengan 1 server. Sisanya dapat kita meminjam kepada SMA/SMK di Kota Serang. Supaya pelaksanaan UN Online dapat berjalan satu sesi,” tuturnya.

Di tempat sama, Kadindikbud Kota Serang Ahmad Zubaidillah menambahkan, Dindikbud akan mengupayakan dalam pelaksanaan UN di April nanti bisa berjalan lanjar.

Walaupun, lanjut Zubaidillah, dalam pelaksanaan UN di Kota Serang, baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK dilakukan dengan dua macam. Tapi Dindikbud akan mensukseskan pelaksanaan UN tersebut. “Yang terpenting semua murid-murid dapat mengerjakan soal UN dengan lancar. Bahkan bisa menjadi murid berprestasi dengan bersaing dalam mencapai nilai UN tertinggi,” pungkasnya. (Ade F)