12 Kantor Balai Penyuluhan Kabupaten Serang Tak Layak  

0
362

SERANG – Sebanyak 12 dari 29 kantor Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) di Kabupaten Serang dinilai tidak layak. Ke-12 kantor BP3K harus segera direhabilitasi karena mengalami rusak berat dan tidak terawat.

Pantauan Radar Banten, kantor BP3K di Kecamatan Pontang sudah tidak representatif. Kantor yang berada di area persawahan itu tampak kumuh dan banyak tumbuh tanaman liar. Kerusakan juga terlihat pada beberapa bagian bangunan. Kondisi serupa juga di kantor BP3K di Kecamatan Kramatwatu.

Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan Pertanian pada Dinas Pertanian Kabupaten Serang Ayi Nugraha mengatakan, pihaknya sudah mengajukan proyek rehabilitasi kantor BP3K yang kondisinya rusak berat. Proyek rehabilitasi kantor BP3K direncanakan berlangsung pada 2019.

“Baru usulan saja, enggak tahu di ACC (disetujui-red) atau enggak. Ada 12 kantor penyuluh pertanian (menyebut kantor BP3K-red) di 12 kecamatan rusak berat dan sedang yang perlu direhabilitasi,” ungkapnya melalui sambungan telepon seluler, Jumat (18/5).

Sayangnya, Ayi enggan menyebutkan kantor BP3K yang mengalami kerusakan. “Saya tidak hafal satu-satunya, harus buka dokumen dulu takut salah,” kilahnya.

Yang pasti, pihaknya sudah membuat detail enginering design (DED) untuk merehabilitasi 12 kantor BP3K tersebut. Sesuai perencanaan, nilai priyek rehabilitasi ke-12 kantor BP3K mencapai Rp2,8 miliar. “Bukan pembangunan dari awal, cuma rehab saja,” tukasnya.

Sementara Kepala Distan Kabupaten Serang Dadang Hermawan mengatakan, pihaknya menangani bidang penyuluhan pertanian sejak 2017. Namun, masih banyak kantor BP3K yang kondisi infrastrukturnya rusak. Rencana rehabilitasi dititipkan ke Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB). “Tahun ini tidak terkover oleh APBD. Tapi, sudah kami buatkan DED-nya,” ucapnya. (jek/zai/ags/RBG)